Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan jumlah warga daerah itu yang terpapar COVID-19 bertambah sebanyak 66 orang, sehingga totalnya hingga saat ini menjadi 3.096 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong Syamsir dalam keterangan tertulisnya di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan, jumlah warga setempat yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut dalam beberapa waktu belakangan terus meningkat sehingga harus diwaspadai agar tidak semakin banyak.

"Pada hari ini terjadi penambahan sebanyak 66 kasus terkonfirmasi positif sehingga jumlah keseluruhannya terhitung sejak kasus pertama pada Juni 2020 sampai saat ini mencapai 3.096 kasus," kata dia.

Dia menjelaskan, dari 3.096 kasus warga yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 ini sebanyak 2.584 kasus dinyatakan sembuh, 58 kasus meninggal dunia dan 454 kasus masih dalam pengawasan baik yang menjalani perawatan di rumah sakit maupun sedang menjalani isolasi mandiri.

Dari 66 warga yang terkonfirmasi positif ini, kata dia, tiga orang diantaranya tengah menjalani perawatan di RSUD Curup diantaranya kasus 3.094 berjenis kelamin perempuan berumur 18 tahun dari Kecamatan Curup Tengah. Sedangkan dua orang lainnya berasal dari Kecamatan Curup yakni kasus 3.095 berjenis kelamin perempuan berumur 50 tahun, dan kasus 3.096 berjenis kelamin laki-laki berumur 38 tahun.

Sementara itu, 63 orang lainnya melakukan isolasi mandiri terdiri dari empat orang dari Kecamatan Bermani Ulu, sembilan orang dari Kecamatan Curup Utara, tiga orang dari Kecamatan Curup Timur, 14 orang dari Kecamatan Curup, tiga orang dari Kecamatan Curup Selatan.

Kemudian 22 orang dari Kecamatan Curup Tengah, dua orang dari Kecamatan Bermani Ulu Raya dan enam orang dari Kecamatan Binduriang.

Selain itu, pihaknya juga mencatat 88 pasien yang dinyatakan sembuh antara lain sebanyak 41 orang dari Kecamatan Curup Timur, delapan orang dari Kecamatan Curup Tengah, delapan orang dari Kecamatan Sindang Kelingi.

Selanjutnya satu orang dari Kecamatan Curup Selatan, dua orang dari Kecamatan Selupu Rejang, delapan orang dari Kecamatan Curup Utara, 15 orang dari Kecamatan Sindang Beliti Ulu dan lima orang dari Kecamatan Binduriang.

Sementara itu untuk jumlah kasus suspek kata Syamsir, tercatat sebanyak 636 kasus serta data sampel tes usap (swab) yang telah diperiksa di laboratorium sebanyak 7.082 spesimen.

Dia mengimbau, masyarakat daerah itu agar selalu mematuhi protokol kesehatan 5M dengan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, selalu menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. ***3***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021