Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mencatat jumlah kasus aktif COVID-19 sejak beberapa hari ini menurun drastis dari 43 menjadi 26 orang.

“Saat ini ada penurunan sebanyak 26 orang pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri dari sebanyak 2.175 kasus positif di daerah ini, menurun dibandingkan kasus aktif sebelumnya, yakni 43 pasien,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo dalam keterangan di Mukomuko, Rabu.

Bustam Bustomo, yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko tersebut, mengatakan hal itu terkait dengan data perkembangan kasus COVID-19 di Kabupaten Mukomuko.

Ia mengatakan, mayoritas dari sebanyak 26 orang warga yang terjangkit virus corona jenis baru tersebut menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing dan hanya beberapa orang di RSUD guna mencegah penularan dan penyebaran virus corona di daerah ini.
 
Ia menjelaskan puluhan pasien COVID-19 di daerah itu yang belum sembuh dari penyakit COVID-19 tersebut merupakan warga dengan berbagai pekerjaan yang tersebar di sejumlah wilayah setempat.
 
Selanjutnya, tenaga kesehatan baik dari Dinas Kesehatan maupun puskesmas di daerah ini terus menelusuri riwayat kontak puluhan pasien COVID-19 yang belum sembuh guna mencegah penyebaran virus tersebut.
 
Pihaknya engimbau orang yang masih menjalani isolasi mandiri agar menjaga kesehatannya serta tidak berkeliaran di luar rumah guna mencegah penularan virus corona di daerah ini.
 
Ia mengatakan, hingga saat ini sebanyak 2.027 dari total 2.174 orang warga setempat yang terjangkit virus corona di daerah ini dinyatakan sembuh dan 72 pasien COVID-19 di antaranya meninggal dunia.

Sebanyak 72 pasien COVID-19 yang meninggal dunia tersebut dimakamkan di tempat pemakaman umum, baik yang berada di luar maupun tersebar di sejumlah wilayah setempat, demikian Bustam Bustomi.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021