Pihak Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko, Polda Bengkulu menutup ruas Jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan Bengkulu dengan Sumatera Barat di daerah ini karena ada perbaikan jembatan yang rusak akibat abrasi Pantai Barat Sumatera.

"Hari ini mulai pukul 06.00 WIB kita menutup jalan di abrasi dan melakukan pengalihan arus lalu lintas dikarenakan ada pekerjaan jembatan di Kabupaten Mukomuko," kata Kasat Lantas Polres Mukomuko AKP Fery Octaviari Pratama, dalam keterangannya di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan, untuk sementara arus lalu lintas mulai dari Kecamatan Penarik dialihkan ke wilayah Kecamatan Teras Terunjam, Kecamatan V Koto, kemudian para pengemudi atau masyarakat Kabupaten Mukomuko menuju Padang bisa melewati simpang tiga Lubuk Pinang.

Begitu juga sebaliknya kendaraan dari Padang menuju Bengkulu bisa melalui Kecamatan Lubuk Pinang, Kecamatan V Koto, Kecamatan Teras Terunjam tembus Kecamatan Penarik.

"Pengalihan arus lalu lintas berlaku selama 1 x 24 jam jadi perkiraan kami arus lalu lintas dibuka kembali pada hari Kamis pagi (30/9) sudah bisa dilalui normal seperti biasa," ujarnya.

Kemudian terkait dengan pengalihan arus lalu lintas, ia mengimbau kepada seluruh pengemudi kendAraan besar seperti tronton, truk CPO atau sejenisnya sebisa mungkin untuk tidak mengoperasionalkan kendaraannya

Ia mengatakan, Sebagaimana diketahui kondisi jalan untuk pengalihan arus lalu lintas kendaraan baik dari Provinsi Bengkulu maupun dari Provinsi Sumatera Barat tidak memungkinkan untuk kendaraan besar.

Dengan kata lain, katanya, pengalihan arus lalu lintas kendaraan dari Jalan Lintas Sumatera ke kalan provinsi di daerah hanya bisa dilalui oleh kendaraan kecil seperti kendaran kecil bermuatan penumpang.

Sementara itu, Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah I Bengkulu akan memperbaiki jembatan penghubung Provinsi Bengkulu dengan Provinsi Sumatera Barat di Pantai Air Punggur, Kabupaten Mukomuko.

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak BPJN terkait dengan kegiatan pembangunan jembatan yang rusak di Mukomuko," ujarnya.***1***

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021