Pemerintah Provinsi Bengkulu mengembangkan kerjasama dengan menandatangani perjanjian dengan Warung Kopi (Warkop) Digital untuk menghadirkan Warkop Digital di 1.341 desa di daerah ini.

Kerjasama tersebut berupa Pengembangan dan Pemasaran Produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta Komiditas dan Potensi Desa, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Bengkulu menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Cybers Bengkulu Indonesia.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan pentingnya mendorong kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan UMKM yang digabungkan dengan sektor pariwisata.

"Sekarang sudah launching satu dua tahun terakhir yang namanya DEDI DEWI, yang sejalan dengan program pemerintah yaitu Desa Digital dan Desa Wisata, dimana kopi hasil kebun rakyat menjadi komoditas utama yang disebut dengan Warkop Digital, yang mencoba mensinergikan Desa Digital dengan Desa Wisata," kata Rohidin, di Bengkulu, Kamis.

Ia menjelaskan, kehadiran Warkop Digital di 1.431 desa di Bengkulu akan menjadi pemicu, untuk menggerakan ekonomi di tingkat desa yang selaras dengan era digitalisasi, apalagi di saat pandemi COVID-19. 

Inisiator Warkop Digital, Dedi Yudianto mengatakan, Warkop Digital menawarkan layanan digital untuk memperoleh pendapatan sekaligus membantu mempromosikan potensi-potensi di desa. 

"Jadi Warkop Digital menawarkan dua traffic, dari produk lokal ke online dan produk lokal apa yang bisa dijual ke offline. Itulah kenapa ada digital-hub bernama Warkop Digital," kata Dedi.

Ia menambahkan, untuk membantu layanan digital, Warkop Digital bermitra dengan Bank Indonesia (BI) dalam penggunaan sistem transaksi digital Quick Respons Code Indonesian Standar (QRIS). QRIS atau standarisasi sistem pembayaran berbasis QR Code telah diperkenalkan BI pada 1 Januari 2021. Dengan adanya QRIS, transaksi digital akan lebih efisien, mudah, aman, dan universal. 

Dedi menambahkan, bersama Bencoolen Coffee, perusahaan yang memasok kopi Bengkulu untuk Warkop Digital, maka Warkop Digital akan menjadi digital hub di setiap desa sekaligus untuk mempromosikan produk-produk desa. 

Kemitraan Warkop Digital dengan berbagai stakeholders akan memudahkan pemasaran produk koperasi dan UMKM melalui teknologi e-commerce dan bersinergi dengan Dedi Dewi atau Desa Digital Desa Wisata, yakni program digitalisasi ekonomi desa pemerintah untuk meningkatkan potensi wisatanya.

Pewarta: Chairil Ansyorie

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021