Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyiapkan stok logistik penyangga atau "buffer stock" untuk warga setempat yang menjadi korban bencana alam.
 
“Masih ada stok logistik bencana seperti beras dan berbagai kebutuhan pokok lain, logistik ini disiapkan untuk korban bencana alam di daerah ini," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko Ramdani di Mukomuko, Sabtu.
 
Pemerintah Kabupaten Mukomuko setiap tahun mengalokasikan anggaran untuk membeli berbagai bahan kebutuhan pokok untuk warga yang menjadi korban bencana alam di daerah ini.
 
Ia menyebutkan, dari stok logistik atau stok cadangan berupa beras sebanyak tiga ton, kini masih tersisa beras untuk korban bencana alam sebanyak 1,5 ton.
 
Selain itu, ia mengatakan, pihaknya masih memiliki stok logistik cadangan lainnya berupa air mineral, mie instan, makanan kaleng untuk warga yang menjadi korban bencana alam di daerah ini.
 
"Stok logistik ini juga untuk bahan baku dapur umum yang nantinya digunakan untuk memberi makan dan minum warga yang menjadi korban bencana alam," ujarnya.
 
Ia mengatakan, logistik ini juga untuk makan dan minum petugas instansi ini dan relawan dari berbagai instansi terkait yang ikut bersama-sama dengan instansi ini dalam melakukan penanganan bencana alam.
 
Ia mengatakan, pihaknya menggandeng pihak ketiga yakni pemilik usaha warung dan toko yang tersebar di daerah ini untuk menyediakan berbagai logistik berupa sembako untuk korban bencana alam.
 
Pemerintah daerah setempat menggandeng pihak ketiga karena tidak mungkin instansinya menyimpan bahan kebutuhan pokok dalam gudang instansi ini dalam waktu lama.
 
"Barang seperti bahan kebutuhan pokok cepat kadaluwarsa jadi kita kerja sama dengan warung untuk menyediakan berbagai macam jenis sembako untuk korban bencana alam," ujarnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021