Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, kembali mendapatkan jatah program cetak sawah baru di lahan perkebunan kelapa sawit seluas 500 hektare dari pemerintah pusat tahun 2022.
 
"Tahun 2022 kita dapat alokasi seluas 500 hektare. Lahan seluas itu merupakan sisa Survei Investigasi Desain (SID) lahan perkebunan kelapa sawit milik petani," kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Ali Mukhibin di Mukomuko, Minggu.
 
Tim dari pemerintah provinsi setempat sebelumnya melakukan survey investigasi desain (SID) di lahan perkebunan kelapa sawit seluas 2.400 hektare di Kabupaten Mukomuko.
 
Dari lahan perkebunan kelapa sawit seluas 2.400 hektare tersebut, baru seluas 922 hektare yang telah dicetak menjadi sawah baru melalui program cetak sawah baru sejak tahun 2017 hingga 2018.
 
Dari lahan perkebunan kelapa sawit seluas 922 hektare tersebut, seluas 522 hektare lahan perkebunan kelapa sawit di cetak menjadi sawah baru tahun 2017 kemudian tahun 2018 seluas 400 hektare.
 
Selanjutnya lahan perkebunan kelapa sawit yang masuk dalam SID lokasi lahan perkebunan kelapa sawit yang akan dicetak menjadi sawah baru diinput dalam e-proposal.
 
Ia mengatakan, seluas 1.400 hektare lahan perkebunan kelapa sawit yang masuk dalam SID tersebut berada di dalam daerah irigasi teknis yang tersebar di sejumlah wilayah di daerah ini.
 
Namun instansinya sampai sekarang belum bisa menentukan lokasi lahan perkebunan kelapa sawit yang diusulkan sebagai calon penerima program cetak sawah baru dari pemerintah pusat.
 
Ia mengatakan, pemerintah pusat dan provinsi akan melakukan pengecekan untuk memastikan lahan perkebunan kelapa sawit yang memenuhi persyaratan untuk diusulkan sebagai calon penerima program cetak sawah baru.
 
Selanjutnya pemerintah pusat yang mengeluarkan surat keputusan penetapan calon penerima dan calon lokasi lahan perkebunan kelapa sawit yang diusulkan sebagai calon penerima bantuan program cetak sawah baru.***1***
 
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021