Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu akan mendapatkan bantuan mobil tangki air untuk kondisi darurat sebagai langkah antisipasi kekeringan saat musim kemarau di daerah itu.

"Mukomuko akan mendapatkan mobil tangki air untuk antisipasi kemarau di daerah ini," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Ramdani di Mukomuko, Senin.
 
Ia mengatakan hal itu terkait dengan realisasi bantuan satu unit mobil tangki air dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk Kabupaten Mukomuko.
 
Kendati demikian, ia mengatakan, pihaknya sampai sekarang belum bisa memastikan kapan daerah ini mendapatkan bantuan mobil tangki air dari BNPB.

Ia mengatakan, instansinya sampai sekarang belum memiliki mobil tangki air untuk keadaan darurat sebagai langkah antisipasi kekeringan saat musim kemarau.
 
Pemerintah Kabupaten Mukomuko selama ini menggunakan mobil tangki air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Selagan untuk mendapatkan pasokan air yang dibutuhkan oleh warga saat musim kemarau.
 
Menurutnya, mobil tangki. selain untuk memasok air yang dibutuhkan oleh warga saat musim kemarau, termasuk untuk cadangan air yang dibutuhkan oleh mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan.
 
Ia mengatakan lahan gambut yang ada di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko ini sangat mudah terbakar saat musim kemarau, dan lahan yang terbakar tersebut sangat sulit untuk dipadamkan.
 
Selama ini mobil pemadam kebakaran di daerah ini sulit memadamkan kebakaran lahan gambut karena mobil tersebut sulit untuk menjangkau lokasi lahan gambut yang terbakar.
 
Selain itu, katanya, tidak adanya sumber air yang berada dalam lokasi lahan gambut yang terbakar sehingga petugas pemadam kebakaran membutuhkan mobil tangki air untuk memadamkan kebakaran.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021