Mukomuko (ANTARA Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memprogramkan setiap tahun untuk memberangkatkan sejumlah kepala desa berprestasi membangun wilayahnya untuk studi banding ke daerah lain agar wawasan dan pengetahuan mereka berkembang.

"Penilaian bagi kepala desa yang akan dikirim mengikuti studi banding mulai dilakukan tahun ini," kata Bupati Kabupaten Mukomuko Ichwan Yunus melalui Kabag Hubungan Masyarakat Setkab Mukomuko Yanzuri Nawawi di Mukomuko, Senin.

Sedangkan daerah yang akan dikunjungi para kades dalam studi banding nanti daerah berhasil dalam bidang pertanian, peternakan, perkebunan, dan berbagai bidang lain yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dan hasil studi banding bisa diterapkan para kades desanya masing-masing..

"Pak bupati berharap dengan mengikuti studi banding, kepala desa di daerah ini bisa membawa pengalaman itu untuk diterapkan di desa mereka masing-masing," ujarnya.

Selain itu,  pemerintah memprogramkan studi banding ke luar daerah bagi kepala desa untuk mendorong pimpinan semua desa agar mulai saat ini bersemangat membangun desanya.

"Ini merupakan dorongan bagi semua kepala desa yang berminat ikut studi banding luar daerah agar mulai saat ini berlomba-lomba untuk membangun desa mereka ke arah yang lebih baik lagi," ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini sudah ada beberapa desa yang dinilai baik dari asfek pembangunannya dan kemungkinan akan dikirim mengikuti studi banding.

Namun nama desa serta waktu pengiriman pimpinan di desa mengkuti studi banding belum disebutkannya karena kegiatan itu baru diprogramka kepala daerah agar daerah ini maju dan masyarakatnya sejahtera.

"Ini program dari kepala daerah dan belum bisa disebutkan waktunya namun memang beberapa desa sudah ada penilain baik secara pembangunannya," ujarnya.(KR-FTO)

Pewarta:

Editor : AWI-SEO&Digital Ads


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012