Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menggelar vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun secara serentak di 17 sekolah di daerah setempat.
 
"Kegiatan vaksinasi anak secara serentak ini dilaksanakan di 17 sekolah yang berada di bawah wilayah kerja 15 puskesmas di daerah ini," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo dalam keterangannya di Mukomuko, Senin.
 
Dari 17 puskemas di daerah ini hanya dua puskesmas di Kecamatan Lubuk Pinang dan Lubuk Sanai yang belum menggelar vaksinasi COVID-19 anak secara serentak.

Para orang tua atau wali murid diwajibkan untuk mendampingi anaknya saat menjalani pemeriksaan dan menerima vaksinasi di setiap sekolah di daerah ini.
 
Ia meminta para orang tua mendampingi anak-anaknya pada saat vaksinasi karena orang tua yang lebih mengetahui kondisi dan riwayat kesehatan anak-anaknya.
 
"Kalau bisa orang tua harus hadir pada saat petugas kesehatan melakukan screening atau pemeriksaan kesehatan terhadap anak-anak sebelum mereka menerima vaksinasi COVID-19," ujarnya pula
 
Kepala SDN 1 Mukomuko Fitri Sari Dewi mengatakan rata-rata siswa di sekolahnya bersedia untuk mengikuti vaksinasi COVID-19.
 
"Di SDN 1 Mukomuko hampir semua siswa bersedia untuk divaksin hanya saja ada beberapa siswa di antaranya yang tidak bisa karena alasan kesehatan.
 
Selain meminta orang tua mendampingi anak-anaknya saat mengikuti vaksin dan orang tua membuat surat pernyataan mengizinkan anaknya mengikuti vaksinasi.
 
Wenti, orang tua salah satu siswa di SDN 1 Mukomuko menyatakan dirinya tidak keberatan anaknya divaksin karena vaksinasi ini sesuai dengan program pemerintah pusat sehingga tidak ada alasan orang tua tidak mengizinkan, kecuali kondisi kesehatan anak yang tidak memungkinkan.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022