Bengkulu (Antara-IPKB) - Pemerintahan di Provinsi Bengkulu tahun ini kembali menerima kucuran dana alokasi khusus untuk pelaksanaan kegiatan program KB sebesar Rp.9,6 miliar. Dana tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp8,9 miliar.

Kepala Sub Bagian Perencanaan BKKBN Provinsi Bengkulu Weldi Suisno menyampaikan, DAK Program KB senilai itu untuk pelaksanaan program KB di sejumlah kabupaten/kota. Dan akan digunakan dalam beberapa kegiatan pendukung di daerah.

Ia merincikan, alokasi untuk kabupaten Bengkulu Selatan senilai Rp.881 juta, Bengkulu Utara Rp.996 juta, Kabupaten Rejang Lebong sebesar Rp.1.025 miliar, Kota Bengkulu sebesar Rp.1.090 miliar. Sedangkan kabupaten lainnya juga menerima alokasi DAK  tahun 2014 terdapat Kabupaten Kaur senilai Rp.1.028 miliar, Kabupaten Seluma mencapai Rp950 juta, Mukomuko Rp1.042 miliar.

Terhadap tiga daerah kabupaten lainnya seperti Kabupaten Lebong menerima alokasi DAK sebesar Rp865 juta, Kepahiang Rp855 juta dan Kabupaten Bengkulu Tengah mendapat alokasi DAK tahun ini sebesar Rp925 juta.

Dana yang dialokasikan dalam DAK 2014 tersebut akan disalurkan melalui SKPD KB kabupaten/kotaberdasarkan usulan pemerintah daerah kabupaten bersangkutan, kata Weldi kepada wartawan di runag kerjanya belum lama ini.

Weldi menambahkan, dana yang dikucurkan melalui DAK KB itu guna membantu pemerintah daerah dalam pelaksanaan program keluarga berencana, yang dapat digunakan dalambeberapa kegiatan berdasarkan kebutuhan daerah.

Berdasarkan usulan pemerintah daerah kabupaten, penggunaan DAK tahun ini terdapat item pengadaan kendaraan roda dua sebanyak empat unit, enam unit desktop personal komputer, emapt unit implant removal KIT, tiga unit IUD KIT,  tujuh set obgyn bed, dan publik adress, KIE KIT masing masing satu unit.

Sementara, penggunaan menurut kegiatan di daerah DAK tersebut juga terdapat pada pembangunan balai penyuluh KB sebanyak 9 unit, pengadaan mobil fungsional pengangkut calon akseptor sebanyak 8 unit serta penuediaan sarana kerja lini lapangan dua unit dan pengadaan BKB KIT tiga paket.

Dengan pengalokasian dana alokasi khusus program KB bagi daerah agar dapat meningkatkan kinerja program KKB dalam membangun kualitas SDM menyonsong tujuan pembangunan millennium dan RPJMD, pungkasnya.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014