Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Bengkulu menyebutkan terdapat tujuh segmen gempa yang ada di Provinsi Bengkulu yang berpotensi di atas berkekuatan 7,0 magnitudo.
 
Kasi data dan informasi BMKG Bengkulu, Anang Anwar mengatakan dari tujuh segmen tersebut, terbagi menjadi 5 segmen darat dan 2 segmen laut potensi berkekuatan besar bila terjadi gempa bumi.  
 
"Dari ketujuh segmen yang ada di Bengkulu, segmen laut lebih berbahaya jika terjadi gempa karena memungkinkan bisa mencapai kekuatan 8,9 magnitudo," kata Anwar di Bengkulu, Senin. 
 
Tujuh segmen yang terdata BMKG, segmen Bengkulu potensi gempa berkekuatan lebih dari 7 magnitudo yaitu segmen Ketahuan, segmen Musi, segmen Manna dan segmen Komring. 
 
Kemudian, dua segmen laut diantaranya segmen sesar Mentawai potensi gempa berkekuatan dan segmen sesar Enggano.
 
Catatan BMKG, wilayah Bengkulu sering kali dilanda gempa bumi dengan kekuatan besar, yakni tahun 2000 dengan kekuatan 7,3 magnitudo dan pada 2007 gempa bumi 7,9 magnitudo yang mengakibatkan kerusakan cukup parah. 
 
Melihat potensi gempa di Bengkulu, pihak BMKG meminta kepada masyarakat tetap waspada dengan bencana alam yang akan terjadi, karena memang Bengkulu sendiri terdata menjadi salah satu daerah yang rawan terhadap bencana alam.

Pewarta: Jumentrio J

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022