Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengungkapkan hanya sebagian pabrik minyak kelapa sawit yang membeli sawit milik petani dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya.
 
"Sebanyak 10 pabrik membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat, sebanyak lima pabrik di antaranya yang membeli sawit lebih tinggi dibandingkan sebelumnya," kata Kepala Seksi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.

Baca juga: Bupati Mukomuko pertanyaan penyebab harga sawit turun
 
Ia mengatakan hal itu setelah menerima data perkembangan harga tandan buah segar kelapa sawit pada 10 Mei 2022 dari sebanyak 10 pabrik minyak kelapa sawit yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini.
 
Ia menyebutkan, pabrik tersebut yakni PT Sapta Sentosa Jaya Abadi membeli sawit petani sebesar Rp1.950 per kilogram, lebih tinggi dibandingkan sebelumnya sebesar Rp1.650 per kg.
 
Kemudian harga sawit di PT Surya Andalan Primatama naik dari sebesar Rp1.530 per kg menjadi Rp2.080 per kg, harga sawit di PT Daria Dharma Pratama naik dari sebesar Rp1.780 per kg menjadi Rp1.980 per kg.
 
Lalu harga sawit di PT Usaha Sawit Mandiri naik dari sebesar Rp1.450 per kg menjadi Rp2.150 per kg, harga sawit di PT Bumi Mentari Karya naik dari sebesar Rp1.680 per kg menjadi Rp2.000 per kg.

Baca juga: Gubernur Bengkulu beri sanksi jika pabrik CPO turunkan harga TBS sawit
 
Sedangkan harga sawit di lima pabrik di daerah masih stabil seperti harga sawit di PT Karya Sawitindo Mas sebesar Rp2.090 per kg, harga sawit di PT Mukomuko Indah Lestari sebesar Rp2.090 per kg, PT Sentosa Sejahtera Sejati turun dari sebesar Rp2.100 per kg.
 
Lalu harga sawit di PT Surya Andalan Primatama sebesar Rp2.030 per kg, harga sawit di PT Karya Agro Sawitindo sebesar Rp2.070 per kg, dan harga sawit di PT Gajah Sakti Sawit sebesar Rp2.160 per kg.
 
Ia mengharapkan harga pembelian TBS kelapa sawit oleh seluruh pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini kembali mengalami peningkatan agar kesejahteraan petani sawit semakin baik.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022