Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mengharapkan kegiatan job fair atau bursa kerja tingkat SMK yang diselenggarakan di daerah itu bisa mengurangi tingkat pengangguran.

"Kita memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan job fair ini, karena dengan kegiatan ini bisa menekan angka pengangguran di Kabupaten Rejang Lebong," kata Kepala Disnakertrans Rejang Lebong Syamsir usai membuka kegiatan job fair di aula SMKN 1 Rejang Lebong, Senin.

Dia menjelaskan kegiatan job fair dilaksanakan oleh SMKN 1 Rejang Lebong dan diikuti oleh puluhan peserta lulusan SMK maupun SMA di Kabupaten Rejang Lebong yang baru diumumkan pekan lalu.

Pihaknya, kata dia, akan melakukan komunikasi dengan para pengusaha atau perusahaan dari luar Rejang Lebong untuk bisa melaksanakan rekrutmen pegawai agar mampu mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Rejang Lebong, yang jumlahnya mencapai lebih dari 3.500 jiwa.

Selain itu, ia mengharapkan kegiatan ini juga bisa dilaksanakan oleh SMK lainnya yang ada di Kabupaten Rejang Lebong sehingga nantinya semakin banyak lulusan SMK sederajat di wilayah itu bisa memperoleh pekerjaan.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Rejang Lebong, Asep Suparman menjelaskan kegiatan itu merupakan yang pertama kali dilaksanakan bekerjasama dengan PT Advantage SCM.

Selain memfasilitasi lulusan SMKN 1 Rejang Lebong, kegiatan ini juga memberikan kesempatan kerja bagi lulusan SMK lainnya seperti SMKN 3 Rejang Lebong dan beberapa orang dari lulusan SMA.

"Job fair yang kita laksanakan ini tidak ada kuota, jadi kita berharap seluruh pendaftar yang sampai saat ini sudah 73 orang bisa terekrut semua," kata Asep Suparman.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022