Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menggelar patroli untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) akibat perambahan kawasan hutan di daerah ini.

"Personel KPHP patroli di Kecamatan Air Rami, setelah ini rencananya Desa Lalang Luas yang di atas," kata Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Kabupaten Mukomuko Aprin Sihaloho dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.
 
Kegiatan patroli tersebut selain untuk pencegahan perambahan kawasan hutan, juga pencegahan kebakaran hutan dan lahan di daerah ini.
 
Ia menyatakan, meskipun instansinya tidak ada anggaran khusus untuk melakukan patroli untuk mencegah karhutla, petugas tetap semangat menggelar patroli.
 
"Kegiatan ini kami tidak punya anggaran di karhutla, di sana patroli pencegahan perambahan hutan, kalau kebakaran di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Balai Pengelolaan Hutan Produksi (BPHP) wilayah Lampung," ujarnya.

Terkait dengan kegiatan patroli ini, ia mengatakan, pihaknya menerima laporan dari PT Sifef Biodiversity Indonesia, perusahaan yang bergerak dalam bidang restorasi ekosistem kawasan hutan negara terkait pembukaan lahan baru dalam kawasan hutan negara di daerah ini.
 
Ia mengatakan saat ini mereka melakukan pembukaan lahan baru dalam kawasan hutan, tetapi dikhawatirkan saat musim kemarau seminggu saja lahan tersebut dibakar.

Ia memastikan saat ini belum ada kebakaran hutan dan lahan, atau titik api yang berada dalam kawasan hutan, kemungkinan karena masih ada hujan di daerah.
 
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022