Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menambah jumlah desa wisata dari 51 desa wisata menjadi 53 desa wisata guna mengembangkan pariwisata di daerah tersebut.
 
"Ada penambahan dua desa wisata di daerah ini yakni Desa Agung Jaya dan Desa Sidodadi," kata Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Mukomuko Agus Harvinda di Mukomuko, Selasa.
 
Pihaknya akan mengusulkan penetapan dua desa yang tersebar di Kecamatan Air Manjuto dan Kecamatan Sungai Rumbai tersebut menjadi desa wisata di daerah ini.
 
Ia menyatakan setelah dua desa ini ditetapkan menjadi desa wisata, maka desa ini bisa mengalokasikan dana dalam anggaran pendapatan dan belanja desa untuk membangun sarana dan prasarana penunjang objek wisata di wilayah ini.
 
"Kami sudah menerima master plan pembangunan wisata dari dua desa tersebut dan rencana pembangunan pariwisata yang telah disusun oleh desa bersama ahlinya sangat bagus," ujarnya.
 
Ia menyebutkan cukup banyak potensi potensi wisata yang dimiliki oleh desa ini seperti sawah, sungai, areal perkebunan, dan desa di pesisir dengan keindahan pantai.
 
Sementara itu ia mengatakan sebelumnya sebanyak 51 desa yang mengikuti lomba desa wisata dan desa wisata di daerah ini mendapatkan 100 besar untuk desa wisata di Indonesia.
 
Ia mengungkapkan ada empat dari 51 desa wisata di daerah ini yang mendapatkan penghargaan dari Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan desa ini akan dikembangkan menjadi desa digital.
 
Terkait dengan pengembangan empat desa wisata di daerah ini menjadi desa digital, kata dia, berada di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko.
 
"Kami mengarahkan empat desa yang mendapat penghargaan sebagai desa wisata terbaik tingkat provinsi dikembangkan menjadi desa digital di daerah ini," ujarnya.
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022