Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mengingatkan seluruh warga setempat untuk meningkatkan kewaspadaan pascagempa magnitudo 5,6 mengguncang daerah ini Kamis (8/9), pukul 01.09 WIB.
 
"Yang perlu dilakukan oleh warga dalam menghadapi gempa bumi selalu waspada dan melakukan berbagai persiapan untuk mencegah korban jiwa," kata Kepala BPBD Kabupaten Mukomuko Ramdani di Mukomuko, Kamis.
 
Ia menyarankan mulai dari sekarang sebaiknya masyarakat melakukan berbagai persiapan menghadapi gempa bumi dan tsunami di daerah ini.

Pemerintah daerah setempat telah membuat jalur-jalur evakuasi tsunami sebagai petunjuk bagi masyarakat untuk menyelamatkan diri dari tsunami.
 
Selain itu, katanya, masyarakat harus bisa membaca situasi dan menyadari sesuatu yang bisa membahayakan keselamatannya, seperti meletakkan sesuatu barang di rumahnya.
 
"Jangan sampai barang-barang yang ada di rumahnya seperti lemari kayu dan barang lainnya bisa membahayakan keselamatan apabila terjadi gempa bumi," ujarnya.
 
Persiapan lainnya yang harus disiapkan oleh warga, seperti mengamankan dokumen-dokumen penting disatukan dalam satu tas sehingga ketika ada bencana cepat diambil dan dibawa.

"Jangan menaruh benda-benda yang berat di atas lemari dan tempat tinggi di dalam rumah katanya ketika terjadi bencana gempa bumi barang-barang tersebut bisa saja menimpa kita," ujarnya.
 
Dia mengatakan warga setempat juga harus memperhatikan konstruksi rumah karena konstruksi rumah besar pengaruhnya terhadap risiko jatuh korban saat terjadi gempa bumi.

Ia mengatakan masyarakat dan pemerintah daerah setempat tentu berharap gempa dengan potensi besar tidak terjadi di daerah ini karena sudah ada fakta-fakta bahwa beberapa waktu yang lalu telah terjadi gempa bumi.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022