Rejanglebong (Antara) - Sebanyak 26 pelajar tingkat SMP sederajat di Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, pada tahun ini dinyatakan tidak lulus ujian nasional (UN) di daerah itu.

"Dari jumlah peserta yang mengikuti ujian nasional tingkat SMP sederajat pada tahun ini sebanyak 4.213 pelajar, terdapat 26 pelajar dari beberapa sekolahan yang dinyatakan tidak lulus UN," kata Kepala Dinas Pendidikan Rejanglebong, Zakaria Effendi di sela-sela acara syukuran piala Adipura di rumah dinas bupati Rejanglebong, Sabtu.

Kalangan pelajar yang tidak lulus UN di daerah tersebut kata dia, karena prestasi masing-masing agak kurang dibandingkan pelajar lainnya serta tidak mengikuti pelajaran tambahan yang diadakan sekolah serta faktor lainnya.

Untuk itu kalangan pelajar SMP sederajat yang gagal dalam UN tingkat SMP ini tambah dia, harus mengulang pelajaran di kelas yang sama atau dianjurkan agar mengikuti ujian keseteraan paket-B yang akan dilaksanakan 19-21 Agustus 2014 nanti sehingga mereka bisa meneruskan jenjang pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

Sementara itu pencapaian tingkat kelulusan pelajar tingkat SMP sederajat di daerah itu kata dia, mencapai 99,38 persen, sedangkan peraih nilai tertinggi diraih Fadiya Nurfhadila dan Heppy Hasrianita Putri dengan jumlah masing-masing 38,55  atau rata-rata nilai 9,64 dan M Yais dengan jumlah 38,40 atau rata-rata 9,60.

Ketiga pelajar ini berasal dari SMPN 1 Curup, selain berhasil meraih nilai tertinggi se Kabupaten Rejanglebong juga tercatat sebagai yang tertinggi di Provinsi Bengkulu. Atas prestasi ini ketiganya berhak mendapatkan reward berupa uang tunai untuk peringkat satu Rp8 juta, kedua Rp6 juta dan peringkat ketiga sebesar Rp4 juta, dan untuk sekolah dengan raihan nilai rata-rata tertinggi serta tingkat kelulusan 100 persen di rabut SMPN 1 Curup dan berhak mendapatkan reward Rp8 juta.

Bupati Kabupaten Rejanglebong Suherman, dalam acara syukuran atas peraihan piala Adipura 2014 bertempat di rumah dinas bupati memberikan apresiasi kepada dinas terkait dan kalangan guru di daerah itu sehingga pencapaian hasil UN tingkat SMP sederajat tahun ini berhasil menorehkan prestasi terbaik.

"Saya patut memberikan apresiasi atas pencapaian hasil tingkat SMP sederajat tahun ini kepada pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Rejanglebong dan kalangan guru yang ada di daerah ini, semoga prestasi ini dapat terus dipertahankan bahkan ditingkat lebih baik lagi," ujarnya.***3***  

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014