Universitas Indonesia (UI) melalui Hibah Kedaireka Matching Fund Universitas Indonesia -Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang dikelola oleh Disaster Risk Reduction Center (DRRC) UI, meluncurkan Program Mewujudkan Desa Wisata (DeWi) Berkelas Dunia (World Class DeWi) melalui implementasi Cleanliness, Health, Safety & Environment (CHSE) dan Mitigasi Bencana.

"Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk melakukan identifikasi Risiko HSE & Bencana, membuat modul & online learning aspek CHSE & Bencana untuk Desa Wisata, memberikan donasi peralatan HSE & Bencana," kata Kepala DRRC UI Prof. Fatma Lestari, dalam keterangannya, Jumat.

Nantinya, ada program membuat Sistem Informasi Desa Wisata dan analisis Dampak Bencana. Kegiatan ini juga melibatkan Dosen, mahasiswa, dan alumni K3 FKM UI, Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) UI. Diharapkan dari kegiatan ini, terjadi peningkatan kompetensi SDM di Desa Wisata terkait CHSE & Mitigasi Bencana.

Program mewujudkan Desa Wisata Berkelas Dunia melalui implementasi Cleanliness, Health, Safety & Environment (CHSE) dan Mitigasi Bencana untuk penerima Anugrah Desa Wisata.

Peluncuran hibah Matching Fund Kedaireka UI-Kemenparekraf dengan judul Mewujudkan Desa Wisata (DeWi) ber kelas dunia melalui Implementasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environment) serta Mitigasi Bencana telah dilaksanakan di Desa Wisata Situs Gunung Padang, Kamis, (22/9).

Fatma Lestari mengatakan ketika pandemi COVID-19 melanda dunia, sektor pariwisata mengalami kondisi yang dituntut untuk menerapkan program CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environment) serta penerapan protokol kesehatan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: UI luncurkan program desa wisata berkelas dunia

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022