Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Provinsi Bengkulu menggelar pemberian vaksin secara gratis untuk 300 hewan penular rabies (HPR) di Kabupaten Mukomuko.

Ketua Cabang Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Provinsi Bengkulu Yeni Misra di Mukomuko, Selasa, mengatakan kegiatan itu dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia pada 2022 di daerah setempat.

Ia mengatakan PDHI provinsi bekerja sama dengan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, termasuk tempat praktik dokter hewan di daerah ini, dalam kegiatan pemberian vaksin gratis ini.

PDHI Bengkulu menyiapkan 300 dosis vaksin untuk mencegah 300 hewan milik warga Kabupaten Mukomuko tertular penyakit rabies.

Dari 300 dosis vaksin, katanya, 70 ekor hewan, seperti jenis kucing, anjing, dan monyet, milik warga setempat telah menerima vaksin.

Setelah ini, katanya, petugas peternakan dan kesehatan hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko akan memberikan pelayanan vaksin gratis untuk HPR mililk warga di Desa Pondok Batu, Kecamatan Kota Mukomuko, Rabu (28/9).

"Kegiatan ini akan terus berlanjut sesuai dengan target sebanyak 300 ekor hewan di Kabupaten Mukomuko mendapatkan vaksin untuk mencegah hewan tertular penyakit rabies," ujarnya.

Selain itu, PDHI Provinsi Bengkulu menggelar kegiatan pemberian vaksin secara gratis untuk hewan penular rabies di Kota Bengkulu.

"Kalau di provinsi kegiatan ini digelar besok Rabu (28/9). PDHI bersama dengan pihak karantina DNA dokter hewan menggelar pemberian vaksin gratis pada hewan penularan rabies," ujarnya.

Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko sebelum menggelar vaksin secara gratis untuk 400 HPR milik warga yang tersebar di sejumlah tempat di daerah ini.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Diana Nurwahyuni mengatakan bantuan 400 dosis vaksin rabies untuk hewan, seperti anjing, kucing, dan monyet peliharaan warga setempat dari pemerintah provinsi setempat.

Ia mengatakan pemberian vaksin antirabies kepada 400 ekor HPR peliharaan warga setempat itu secara gratis.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022