Rejanglebong,  (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, mengklaim pelaksanaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 9 Juli 2014 lalu di daerah itu berjalan sukses.

"Alhamdulillah pelaksanaan Pilpres 2014 di Kabupaten Rejanglebong berjalan sukses dengan tidak adanya gugatan dari saksi-saksi kedua pasangan capres dan cawapres. Tidak adanya gugatan ini karena pihak KPU Rejanglebong telah melakukan perbaikan secara berjenjang terhadap kesalahan-kesalahan yang ada di lapangan," kata Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Rejanglebong, Halid Saipullah di Rejanglebong, Sabtu.

Suksesnya pelaksanaan Pilpres di daerah tersebut kata dia, dapat dilihat dengan minimnya sanggahan atau keberatan dari saksi kedua pasangan capres dan cawapres yang bertarung di Pilpres tahun ini.

Pihaknya dalam penyelenggara Pemilu Presiden 2014 senantiasa berpegang teguh pada UU No.42/2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta peraturan KPU No.4/2014, tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014. Sehingga berbagai permasalahan yang ditemukan saat proses perekapan yang dilakukan secara berjenjang bisa diselesaikan baik di tingkatan KPPS, PPS, PPK hingga ke KPU kabupaten.

Sejauh ini hasil dari rekapitulasi perolehan suara capres dan cawapres peserta Pilpres 9 Juli 2014 yang diikuti pasangan nomor urut satu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan pasangan nomor urut dua Joko Widodo-Jusuf Kalla yang dibawa dalam rapat pleno di KPU Provinsi Bengkulu 18-Juli 2014 tidak mendapat permasalahan sehingga hasil sudah bisa dibawa ke KPU Pusat.

Sebelumnya pada rapat pleno rekapitulasi perolehan suara kandidat capres dan cawapres di daerah itu yang digelar Rabu (16/7) lalu pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa berhasil mengumpulkan suara terbanyak dari jumlah DPT sebanyak 197.009 jiwa yang tersebar dalam 15 kecamatan. Prabowo-Hatta merebut sebanyak 73.479 suara, sedangkan pasangan Joko Widodo- Jusuf Kalla hanya memperoleh 59.063 suara.

Pasangan Prabowo Subianto-Hatta Raja menang di 10 dari 15 kecamatan di daerah itu, diantaranya di Kecamatan Kota Padang kemudian di Kecamatan Curup. Selanjutnya di Kecamatan Bermani Ulu, Kecamatan Selupu Rejang, Kecamatan Curup Utara, Curup Timur, Curup Selatan, selanjutnya di Kecamatan Curup Tengah, Sindang Beliti Ulu, serta di Kecamatan Sindang Beliti Ilir.

Sedangkan lima kecamatan dimenangkan pasangan Jokowi-JK yakni Kecamatan Padang Ulak Tanding, kemudian Kecamatan Sindang Kelingi, Kecamatan Binduriang, Kecamatan Sindang Dataran, dan di Kecamatan Bermani Ulu.***1***



Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014