Rejanglebong (Antara) - Sebanyak 30 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Rejanglebong Bengkulu, periode 2014-2019 yang terpilih pada Pemilu Legislatif 9 April 2014 lalu resmi dilantik.

Pelantikan 30 anggota dewan di daerah tersebut Senin (25/8), dipimpin oleh ketua DPRD Rejanglebong periode 2009-2014, Darusamin. Sedangkan pengucapan sumpah janji anggota dewan dipimpin oleh ketua Pengadilan Negeri Curup Setiyono. Dalam acara ini selain dihadiri Bupati Rejanglebong, Suherman juga dihadiri Wakil Gubernur Bengkulu, Sultan B Najamudin.

Dalam sambutan perpisahannya Darussamin menyebutkan selama lima tahun keanggotaan mereka, pihak dewan setempat telah mengesahkan 67 Perda yang diajukan pihak ekskutif yang meliputi berbagai bidang kepentingan. Selain itu mereka juga telah berupaya untuk menyerap berbagai aspirasi yang disuarakan masyarakat baik yang disampaikan langsung maupun saat dewan melakukan reses.  

"Jika ada aspirasi masyarakat yang belum sempat terserap kami meminta maaf kepada masyarakat Kabupaten Rejanglebong, dan kiranya aspirasi ini nantinya dapat diperhatikan oleh anggota dewan periode 2014-2019," ujarnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Bengkulu, Sultan B Najamudin dalam sambutannya mengharapkan para anggota dewan yang telah dilantik dapat bersikap amanah, serta dapat mendahulukan kepentingan masyarakat banyak dari pada kepentingan pribadi dan parpol masing-masing.

"Anggota dewan yang dilantik ini diharapkan dapat menyerap aspirasi masyarakat Kabupaten Rejanglebong, karena mereka bukan lagi wakil dari partai politik tetapi telah menjadi wakil rakyat sehingga berbagai kepentingan pembangunan yang menyangkut masyarakat banyak harus didahulukan," katanya.

Selain itu kata dia, tugas anggota dewan bukan hanya sebatas pengawasan anggaran pembangunan daerah, membentuk peraturan daerah dan kebijakan lainnya, namun juga membuat terobosan untuk memajukan daerah.

Sementara itu dari 30 anggota DPRD Rejanglebong periode 2014-2019, sebanyak 23 orang merupakan wajah baru sedangkan anggota dewan periode 2009-2014 yang kembali terpilih pada Pileg 9 April 2014 lalu hanya berjumlah tujuh orang diantaranya dari Zulkarnain Thaib dari partai Demokrat, Wahono dari partai Golkar. Kemudian Ari Wibowo dari PAN. Yurizal dari partai Golkar, Lian Sumarni dari partai Hanura. Selanjutnya Untung Basuki dari PKS dan Tugiman dari partai Demokrat.

Sedangkan 23 anggota dewan wajah baru tersebut antara lain di Dapil I, Edi Iskandar dari partai NasDem, Hj Misriati dari PKS, Surya dari PDIP, M Ali dari partai Gerindra, Rudi Iriyanto dari PAN, Rudi Hermanto Nasution dari PPP dan Sapta Firdaus dari partai Hanura.

Untuk Dapil Rejanglebong II, Feny Theresia dari partai NasDem, Dedi Irawan dari PKB, Ngadiono dari PDIP, A.A.H Kadir Harahap dari partai Golkar, Guntur Utama Jaya dari partai Gerindra, Erliana dari PPP dan Suhardin dari partai Hanura.

Kemudian di Dapil Rejanglebong III, Irawan Effendi dari partai NasDem, Syharul Rasid dari PDIP, Abu Bakar dari partai Gerindra, M Yusuf dari partai Demokrat dan Syarkawi dari PAN. Selanjutnya di Dapil Rejanglebong IV antara lain Zane Ari Bakti dari PDIP, Mahdi Husen dari partai Golkar, Yazid dari partai Gerindra dan Heriyanto dari PPP.***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014