Mukomuko (Antara) - Kecamatan Air Manjuto, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, ditetapkan sebagai juara umum dalam Seleksi Tilawatil Quran tahun 2014 di daerah itu.

"Kecamatan Air Manjuto juara umum Seleksi Tilawatil Quran (STQ) karena peserta dari kecamatan ini banyak yang menjadi pemenang seleksi," kata Kabag Kesra Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Ansari di Mukomuko, Sabtu.

Ia menyebutkan, sebanyak enam cabang yang diperlombakan dalam STQ tingkat kabupaten di daerah itu, yakni tilawah, pahmil, tafsir, hottil dan hiswil serta sarhit.

Menurut dia, dari enam cabang ini, peserta dari Kecamatan Air Manjuto yang terbanyak meraih juara pertama mulai dari tingkat anak-anak, remaja, dan dewasa.

Dikatakannya, peserta STQ ini merupakan perwakilan dari sebanyak 15 kecamatan yang menjadi pemenang pertama lomba STQ di wilayahnya masing-masing.

Selanjutnya, kata dia, pemenang STQ tingkat kabupaten ini akan dilatih lagi untuk persiapan mengikuti STQ di tingkat provinsi setempat.

"Pemenang pertama setiap cabang mulai dari tingkat anak-anak, remaja, dan dewasa akan dilatih lagi untuk mengikuti STQ di Provinsi Bengkulu," ujarnya lagi.

Ia menerangkan, kegiatan STQ ini bertujuan untuk mendorong anak-anak, remaja, dan orang dewasa di daerah ini untuk lebih tekun mempelajari Alquran, tidak hanya bacaan tetapi arti dan tafsirnya.

Ia berharap, peserta STQ yang belum beruntung dapat belajar lebih tekun lagi untuk mempersiapkan diri pada STQ mendatang.

"Bagi yang belum menang agar banyak belajar lagi karena masih banyak kesempatan berikutnya," ujarnya lagi. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014