Mukomuko (Antara) - Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, selama dua hari, Senin (1/9) hingga Selasa melakukan tera ulang mengukur keakuratan timbangan yang digunakan oleh pedagang di Kabupaten Mukomuko.

"Tim dari provinsi dua hari ini melakukan tera ulang timbangan pedagang di Mukomuko," kata Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko, Hanif, di Mukomuko, Selasa.  

Ia mengatakan, lima orang tim dari dinas provinsi tersebut melakukan tera ulang timbangan pedagang di dua kecamatan di daerah itu, yakni Kecamatan Penarik dan Kecamatan Ipuh.

Menurut dia, instansi itu hanya sebatas memfasilitasi kegiatan tera ulang timbangan pedagang yang dilakukan tim dari provinsi tersebut, selanjutnya tim itu yang turun langsung ke lapangan untuk memeriksa timbangan.

"Tera ulang itu merupakan kegiatan provinsi dan yang mereka lakukan adalah tera ulang timbangan, tidak ada pompa di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU)" ujarnya lagi.

Dikatakannya, kalau kegiatan tera ulang yang akan dilakukan oleh dinas tersebut dalam tahun ini juga selain timbangan pedagang termasuk pompa SPBU.

Menurut dia, instansi itu rencananya melakukan tera ulang timbangan pedagang dan pompa di SPBU di daerah itu sekitar bulan Oktober - November 2014.

Termasuk, kata dia, tera ulang timbangan pedagang emas yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu.

Ia menjelaskan, seperti kegiatan dinas provinsi, kegiatan tera ulang timbangan yang dilakukan instansi itu rutin setiap tahun untuk memastikan pedagang tidak menggunakan timbangan yang tidak akur lagi.

"Kalau ditemukan timbangan tidak akur, rekomendasi dari dinas agar timbangan itu diganti atau diperbaiki," ujarnya lagi.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014