Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyerahkan bantuan berupa 765 alat nelayan senilai Rp1,9 miliar untuk 126 kelompok nelayan di tujuh wilayah di provinsi setempat.

"Pada hari ini kami menyerahkan berbagai paket bantuan untuk nelayan, seperti jaring, pelampung, mesin tempel dan memberikan izin usaha atau status kelembagaan Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan karena menjadi syarat agar nelayan bisa mengajukan bantuan," kata Rohidin di Kota Bengkulu, Selasa.

Ia menyebutkan bantuan tersebut berupa mesin tempel sebanyak 51 unit, mesin penggerak as ketinting 14 unit, mesin penggerak diesel delapan unit.
 
Kemudian jaring gil net monofilamen sebanyak 324 set, bantuan badan hukum KUB atau akta notaris sekitar 35 dokumen dan baju pelampung sekitar 333 buah.
 
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu Syafriandi mengatakan bantuan tersebut diserahkan ke tujuh wilayah di Bengkulu, yaitu Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan, dan Kabupaten Kaur
 
Ia mengatakan bagi nelayan di Provinsi Bengkulu yang ingin mengurus KUB dapat mengajukan ke Dinas Kelautan dan bantuan hukum tersebut diberikan secara gratis.
 
Selain itu, pihaknya juga telah memberikan sebanyak 500 lebih rekomendasi untuk nelayan semi modern dan tradisional untuk mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM).
 
Sementara itu, salah seorang nelayan dari Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara Masimanan berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu yang telah memberikan bantuan untuk nelayan. Bantuan tersebut akan dimanfaatkan dengan baik, sehingga menambah perekonomian para nelayan, khususnya di Pulau Enggano.
 
"Bantuan yang diterima berupa bantuan hukum dan peralatan nelayan sebanyak 14 unit untuk 7 kelompok nelayan di Pulau Enggano. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang pemerintah beri dan alat bantu yang diserahkan tersebut, akan dimanfaatkan dengan baik untuk kesejahteraan nelayan, sebab ini bantuan pertama yang kami terima," ujarnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gubernur Bengkulu beri bantuan nelayan senilai Rp1,9 miliar

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023