Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mengatakan sebanyak 1.305 calon anggota panitia pemungutan suara (PPS) untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 mengikuti tes tertulis berbasis komputer atau "computer assisted test" (CAT).

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko Mansur, di Mukomuko, Minggu, mengatakan sebanyak 1.305 peserta yang mengikut CAT tersebut sudah lolos persyaratan administrasi.

"Sebanyak 1.305 calon anggota PPS ini akan mengikuti seleksi tertulis tanggal 9 Januari 2023 dan pengumuman seleksi pengumuman hasil seleksi tes tertulis tanggal 15 sampai dengan 17 Januari 2023," ujarnya.

Ia mengatakan sebanyak 1.305 calon anggota PPS tersebut akan mengikuti tes tertulis di enam titik yang tersebar di Kabupaten Mukomuko.

Mereka akan mengikuti tes yang tersebar di 15 kecamatan di Kabupaten Mukomuko, yakni di SMK 3, SMP 3, SMA 10, SMK 6, SMA 4, dan SMA 2.

Ia menyatakan KPU menetapkan enam sekolah di daerah ini sebagai lokasi tes tertulis CAT untuk memperpendek jarak tempuh setiap calon anggota PPS.

"Kita memikirkan calon anggota PPS yang wilayahnya jauh dari ibu kota kabupaten, seperti di Kecamatan Malin Deman dan Kecamatan Ipuh, makanya kita laksanakan seleksi CAT di wilayah mereka masing-masing," ujarnya.

Sebelumnya, KPU Kabupaten Mukomuko memperpanjang masa pendaftaran calon anggota PPS karena ada 10 desa yang tidak terpenuhi jumlah pendaftar sebanyak dua kali kebutuhan.

KPU memperpanjang masa pendaftaran selama tiga hari mulai tanggal 31 Desember 2022 hingga tanggal 2 Januari 2023 dan selama perpanjangan tersebut jumlah pendaftar dapat terpenuhi.

"Alhamdulillah saat perpanjangan masa pendaftaran jumlah peserta yang dibutuhkan sebanyak dua kali kebutuhan dapat terpenuhi," demikian Mansur

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023