Bengkulu (Antara) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Bengkulu untuk periode jabatan 2014--2019 bertambah sebanyak dua fraksi dibanding periode sebelumnya.

"Pada periode sebelumnya, jumlah fraksi di DPRD Bengkulu yakni enam fraksi, sekarang bertambah, dan berjumlah delapan," kata Kepala Bagian Humas DPRD Provinsi Bengkulu, Bachrin di Bengkulu, Selasa.

Penambahan fraksi tersebut menurut dia yakni Fraksi PDI Perjuangan yang memperoleh tujuh kursi pada Pemilihan Legislatif 2014, serta partai politik baru peserta pileg, yakni Nasdem dengan perolehan empat kursi.

"Untuk fraksi lainnya juga terjadi sedikit perubahan, karena perolehan kursi, seperti PDIP yang periode sebelumnya termasuk dalam fraksi gabungan, sekarang berdiri sendiri, begitu juga fraksi Gerindra, kali ini memperoleh lima kursi," kata dia.

Sementara itu, fraksi gabungan juga terjadi perubahan nama sesuai dengan komposisi parpol yang tergabung, pada periode 2009--2014 bernama fraksi perjuangan rakyat dan fraksi rafflesia bersatu.

Pada keanggotaan legislatif yang baru, fraksi gabungan bernama fraksi Kebangkitan nurani yang tergabung dari dua parpol yakni PKB dan Hanura.

"Fraksi gabungan yang lainnya yakni fraksi Keadilan dan pembangunan, di fraksi ini tergabung dua parpol juga yakni PKS dan PPP," kata dia.

Lebih lanjut, untuk fraksi lainnya masih sama dengan periode sebelumnya, yaitu, fraksi Demokrat, PAN dan Golkar.

"Pada Senin ini, selain penetapan fraksi, juga diputuskan pembentukan dua buah panitia khusus (pansus), pansus tata tertib dan kode etik," ucapnya.

Kedua pansus tersebut diberi batasan waktu hingga 1 Oktober untuk menyerahkan hasil rumusan yang nantinya akan digunakan untuk menetapkan pembentukan komisi beserta unsur pimpinan.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014