Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mengupayakan layanan internet gratis di tiga objek wisata favorit atau yang paling banyak dikunjungi wisatawan guna memaksimalkan promosi pariwisata di daerah itu.

"Sebelumnya Objek Wisata Danau Nibung yang dipasang wifi gratis oleh pemerintah provinsi, kini ada tiga objek wisata diusulkan internet gratis," kata Kepala Bidang Aplikasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko Yunaldi Asri di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan hal itu menindaklanjuti usulan pemasangan internet gratis di tiga objek wisata favorit di daerah ini dari Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Mukomuko.

Ia menyebutkan tiga objek wisata tersebut, yakni Objek Wisata Batu Kumbang di Desa Pulai Batu, Objek Wisata Wahana Air Desa Arga Jaya, Agro Wisata Pangonan Desa Agung Jaya.

Ia mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat ini akan melakukan survei ke tiga objek wisata yang diusulkan mendapat bantuan akses internet gratis dari Kementerian Kominfo.

Setelah itu, katanya, instansinya mendatangi Kementerian Kominfo untuk menyerahkan data tiga objek wisata untuk diusulkan sebagai calon penerima program internet gratis.

Ia mengatakan selain mengusulkan bantuan internet gratis untuk tiga objek wisata, pihaknya juga menanyakan usulan bantuan internet gratis untuk 16 desa di daerah ini.

Pemerintah daerah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika sebelumnya mengusulkan bantuan internet gratis untuk 16 desa di daerah ini.

Menurutnya, pemerintah setempat membutuhkan bantuan internet gratis untuk 16 desa di daerah ini guna mempercepat program daerah ini menjadikan semua desa di daerah ini memiliki internet.

Sementara itu, ia menyebutkan, sampai sekarang sebanyak 70 desa dari 148 desa di daerah ini yang mendapatkan program internet gratis dari pemerintah setempat.

Dari sebanyak 70 desa yang mendapatkan program tersebut, sebanyak 40 desa di antaranya telah beroperasi, sisanya masih dalam proses pemasangan jaringan internet.


 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023