Rejanglebong (Antara) - Unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, Selasa, resmi dilantik berdasarkan surat keputusan (SK) Gubernur Bengkulu.

Unsur pimpinan dewan definitif ini untuk ketua dijabat Bakar dari Partai Gerindra, kemudian wakil ketua Yurizal dari Partai Golkar dan Surya dari PDI Perjuangan. Pelantikan unsur pimpinan dewan ini berdasarkan SK Gubernur Bengkulu yang dibacakan oleh Ketua Pengadilan negeri (PN) Curup, Setiyono.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah yang dibacakan Staf Ahli bidang Pemerintahan Pemprov Bengkulu, Yosarlin mengatakan, pelantikan unsur pimpinan dewan di daerah itu tidak terlepas dari kerja keras pihak KPU, Panwaslu dan seluruh lapisan masyarakat setempat.

"DPRD memiliki tugas dan fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan penyelenggara pemerintahan daerah, oleh sebab itu DPRD bukan hanya mitra kerja yang berkedudukan setara dengan pemerintah, melainkan juga memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar dalam memajukan dan menyukseskan pembangunan. Untuk itu keduanya dituntut berkomitmen guna memajukan daerah ini," ujarnya.

Dia meminta unsur pimpinan yang dilantik dapat memiliki niat yang tulus serta kesungguhan hati untuk bekerja dan menyumbangkan kemampuan terbaiknya dalam membangun daerah itu.

Selain itu jabatan yang diemban para unsur pimpinan dewan juga sebagai amanah yang tidak boleh dijalankan secara sewenang-wenang sehingga tidak mencederai perasaan masyarakat yang telah memilihnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Rejanglebong Abu Bakar mengatakan, agenda dewan di daerah itu setelah acara pelantikan unsur pimpinan dilanjutkan dengan pengesahan tata tertib dan kode etik dewan, kemudian pembentukan alat kelengkapan dewan seperti komisi-komisi, badan kehormatan dewan (BKD), Badan Musyawarah, Badan Legislasi, Badan Anggaran.

"Karena unsur pimpinan dewan sudah disahkan sehingga tidak ada kendala lagi dan ditargetkan pada hari ini semuanya akan selesai," ujarnya. ***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014