Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mencatat 2.620 keluarga miskin di daerah itu diusulkan sebagai calon penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) triwulan pertama tahun 2023.
 
"Baru sebanyak 115 desa dari 148 desa di daerah ini yang mengusulkan calon penerima BLT-DD triwulan pertama," kata Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Eka Purwanto di Mukomuko, Jumat.
 
Ia mengatakan hal itu berdasarkan laporan rincian dana desa untuk bantuan langsung tunai setiap desa tahun anggaran 2023 atau sesuai dengan PMK Nomor 201/PMK.07/2022.
 
Berdasarkan laporan tersebut, 115 desa yang telah mengusulkan jumlah penerima BLT-DD dengan total anggaran sebesar Rp2,3 miliar.
 
Meskipun 115 desa telah mengajukan penyaluran dana desa serta calon penerima BLT, instansinya belum mendapatkan laporan kapan desa menerima penyaluran dana tersebut dan membagikan kepada keluarga penerima manfaat.
 
"Kita mendapatkan laporan terkait data keluarga penerima manfaat bantuan langsung tunai itu sekitar bulan Juni 2023, termasuk seluruh data keluarga yang telah dan belum menerima BLT-DD di daerah ini," ujarnya.

Ia mengatakan 2.620 KPM menerima dana Rp2,3 miliar atau setiap KPM akan menerima BLT-DD sebesar Rp300 ribu per bulan, atau berkurang dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang Rp600 ribu per bulan.
 
Ia mengatakan jumlah KPM yang menerima BLT-DD tahun ini kemungkinan berkurang dibandingkan dengan tahun sebelumnya karena penerima BLT-DD merupakan warga tergolong miskin ekstrem.
 
Ia menyebutkan total dana desa untuk 148 desa di daerah ini sebesar Rp117 miliar atau mengalami peningkatan sebesar Rp3 miliar dibandingkan dengan sebelumnya yang Rp114 miliar.
 
Ia mengatakan dana desa tahun ini untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, peningkatan kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023