Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, menjamin stok daging sapi di daerah ini mencukupi selama bulan Ramadhan tahun 2023 sehingga masyarakat tak perlu khawatir.

"Stok daging aman dan harga daging di pasar tradisional di daerah ini masih stabil," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Diana Nurwahyuni di Mukomuko, Senin.

Ia memperkirakan, selama bulan Ramadhan tahun ini tidak kurang dari sebanyak 1.000 ekor sapi yang disiapkan peternak untuk dipotong pada bulan puasa.

Lebih dari sebanyak 1.000 ekor sapi tersebut tersebar di sejumlah wilayah daerah ini, dan hewan ternak tersebut baik milik masyarakat maupun kelompok tani yang mendapatkan bantuan pengembangan sapi dari pemerintah daerah dan provinsi.

Ia menyebutkan, saat ini populasi hewan ternak jenis sapi di daerahnya sebanyak 29.335 ekor, kerbau 8.820 ekor, kambing 28.874 ekor, dan domba 1.324 ekor.

Selain itu, katanya, harga daging sapi di daerah ini masih stabil sebesar Rp150 ribu per kilogram karena pengaruh menurun kemampuan beli masyarakat sejak belakang ini.

Kalau keterangan dari pedagang daging sapi di daerah ini, katanya, saat ini sepi pembeli diduga karena salah satunya pengaruh produksi sawit turun akibat musim trek atau sedikit berbuah.

Ia mengatakan, petugas peternakan dan kesehatan hewan sejak beberapa hari terakhir mendatangi pasar tradisional dan rumah potong hewan selain mengecek stok dan daging sekaligus memeriksa kesehatan sapi.

Petugas peternakan dan kesehatan hewan di daerah ini keliling ke sejumlah desa di daerah ini untuk melakukan pengawasan peredaran daging sekaligus memeriksa kesehatan hewan yang dipotong menjelang bulan Ramadhan tahun ini.

"Jadi intinya pada saat pemotongannya kita pantau, kita keliling ke sejumlah desa di di daerah ini untuk mengambil sampel daging ternak agar daging layak dikonsumsi masyarakat," ujarnya pula.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023