Pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Curup yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu menyiapkan kegiatan kerohanian selama bulan puasa Ramadhan bagi narapidana yang menjalani hukuman di tempat itu.

Kepala Lapas Curup Bambang Wijanarko melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Hadi Wijaya saat dihubungi di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan kalangan narapidana yang menjalani hukuman di Lapas Kelas IIA berasal dari Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan Kepahiang serta luar Provinsi Bengkulu.

"Kegiatan keagamaan yang biasanya kita laksanakan selama bulan puasa Ramadhan ini diantaranya shalat tarawih berjamaah, tadarusan, ceramah agama, kemudian mengaji dan salawatan," kata Hadi Wijaya.

Dia menjelaskan kegiatan kerohanian yang dilaksanakan selama Ramadhan tersebut diikuti seluruh narapidana atau warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang saat ini jumlahnya lebih dari dari 650 orang.

Pelaksanaan kegiatan kerohanian yang dilaksanakan di Lapas Kelas IIA Curup ini, kata dia, selain untuk menyemarakkan bulan puasa Ramadhan, kemudian meningkatkan ketakwaan iman bagi WBP yang beragama Islam juga sebagai bentuk dari pembinaan oleh pihaknya.

Menurut dia, pada pelaksanaan shalat tarawih berjamaah pihaknya melakukan pengaturan secara bergilir berdasarkan blok masing-masing, sedangkan untuk imam dan penceramahnya didatangkan dari luar lapas.

"Pada kegiatan mengaji selama bulan puasa Ramadhan ini, kita menargetkan peserta yang mengikutinya minimal satu kali khatam Al Quran," terangnya.

Sementara itu untuk pengamanan kegiatan pada malam hari selama bulan puasa Ramadhan pihaknya akan melakukan peningkatan, dengan melakukan penambahan personel baik di dalam maupun di luar blok, termasuk pemeriksaan makanan yang dikirimkan oleh pihak keluarga WBP.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023