Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mencatat 3.417 keluarga miskin di daerah itu yang  menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2023.
 
"Sebanyak 148 desa di daerah telah menyampaikan data keluarga miskin yang menerima BLT-DD, yakni total sebanyak 3.417 keluarga," kata Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Eka Purwanto di Mukomuko, Kamis.
 
Ia mengatakan hal itu berdasarkan laporan rincian dana desa untuk bantuan langsung tunai setiap desa tahun anggaran 2023 atau sesuai dengan PMK Nomor 201/PMK.07/2022.
 
Berdasarkan laporan tersebut, sebanyak 148 desa di daerah telah menyampaikan data jumlah masyarakat miskin yang menerima BLT-DD tahun anggaran 2023.

Rinciannya, setiap KPM akan menerima BLT-DD sebesar Rp300 ribu per bulan, atau berkurang dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang Rp600 ribu per bulan.
 
Ia mengatakan, jumlah KPM yang menerima BLT-DD tahun ini berkurang dibandingkan dengan tahun sebelumnya karena penerima BLT-DD merupakan warga yang tergolong miskin ekstrem.
 
Untuk itu, menurutnya, kemungkinan Dana Desa untuk BLT tahun ini tidak terserap 100 persen, atau tidak jauh berbeda dengan realisasi penggunaan Dana Desa untuk BLT tahun sebelumnya.
 
Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya Dana Desa untuk BLT yang tidak terserap tersebut bisa dialihkan penggunaannya untuk kegiatan lain yang berkaitan dengan pembangunan di setiap desa daerah ini.
 
Ia menyebutkan, total dana desa, dari 148 desa yang tersebar di daerah itu, sebesar Rp117 miliar atau mengalami peningkatan sebesar Rp3 miliar dibandingkan dengan sebelumnya yang Rp114 miliar.
 
Ia mengatakan dana desa tahun ini untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, peningkatan kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur.*

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023