Mukomuko (Antara) - Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berharap pedangang memanfaatkan pasar hewan modern sebagai pusat jual beli sapi, kerbau, dan kambing terbesar di daerah itu.

"Hari ini kami mengumpulkan semua pedagang di daerah ini agar mau memanfaatkan pasar hewan modern," kata Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Jumadi, di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan hal sebelum mengadakan pertemuan dengan semua pedagang hewan ternak yang berasal dari 15 kecamatan di pasar hewan modern daerah itu.

Menurutnya, pihaknya berharap pedagang mau menjual hewan ternak di pasar hewan modern itu agar setiap hewan yang dijual terpantau kesehatannya.

Sehingga, lanjutnya, baik hewan ternak yang dijual untuk peliharaan maupun yang dipotong untuk dijual terjamin kesehatannya.

Menurutnya, meskipun tidak melalui pasar hewan tersebut, aktivitas jual beli tetap terpantau oleh petugas peternakan yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu.

Namun, sarannya, sebaiknya melalui pasar hewan ternak agar pemantauan kesehatan hewan ternak yang mau dibeli dan dijual lebih maksimal.

Ia yakin, hanya pedagang yang bisa membuat pasar hewan tersebut menjadi ramai. Karena keberadaannya di pasar hewan tersebut menarik pembeli untuk datang.

Selain itu, lanjutnya, pembeli hewan ternak tidak perlu lagi bersusah payah mencari hewan ternak yang dibutuhkan karena semuanya tersedia di pasar hewan modern di daerah itu.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014