Sebanyak 14.421 keluarga di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, menerima bantuan beras masing-masing 10 kilogram selama tiga bulan dari Maret sampai April 2023.

Bantuan beras yang diterima oleh belasan ribu keluarga warga yang tergolong ekonomi miskin di daerah ini berasal dari cadangan pangan pemerintah.

"Hari ini penyaluran cadangan pangan pemerintah berupa beras kepada keluarga penerima manfaat (KPM) untuk bulan Maret, penyaluran bulan April dan Mei menunggu jadwal dari Perum Bulog," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Fitriana Ilyas di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan, pelepasan penyaluran cadangan pangan pemerintah di Kabupaten Mukomuko dilaksanakan oleh bupati yang dipusatkan di wilayah Kecamatan XIV Koto.

Untuk jadwal dari Perum Badan Urusan Logistik (Bulog), katanya, penyaluran cadangan pangan pemerintah berupa beras ini untuk wilayah Kabupaten Mukomuko di mulai hari Sabtu ini untuk empat kecamatan.

Kemudian penyaluran cadangan pangan pemerintah tersebut dilanjutkan pada hari Minggu (9/4) untuk keluarga penerima manfaat yang tersebar di empat kecamatan di daerah ini.

Sedangkan penyaluran cadangan pangan pemerintah untuk keluarga yang tersebar di sembilan kecamatan di daerah ini, katanya, menunggu jadwal dan petunjuk lebih lanjut dari Perum Bulog.

Ia menjelaskan, sebanyak 14.421 keluarga penerima manfaat bantuan beras tersebar di 15 kecamatan di daerah ini.

Jumlah keluarga warga yang menerima cadangan pangan pemerintah sebanyak itu berdasarkan pagu yang ditetapkan dari Kementerian Sosial dana Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)

Sebanyak belasan ribu KPM bantuan beras ini termasuk keluarga yang menerima program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT).

Selain itu, katanya, sebanyak 14.421 keluarga penerima manfaat beras dari pemerintah pusat tersebut juga termasuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) di daerah ini.

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023