Mukomuko (Antara) - Kementerian Desa, Pembanguan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi telah memberikan bantuan dana pembelian sapi untuk kelompok tani di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

Kabid Peternakan pada Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Jumadi, di Mukomuko, Kamis mengatakan, bantuan dari Kementerian PDT itu berupa dana sebesar Rp100 juta yang dikirimkan ke rekening kelompok tani dan digunakan untuk membeli sedikitnya 10 ekor sapi.

Ia menyebutkan, satu dari sekian banyak kelompok tani di daerah itu yang diusulkan ke Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi dan disetujui memperoleh bantuan kelompok tani di Satuan Pemukiman (SP) VIII.

"Kalau usulan proposal kelompok tani dari daerah ini banyak tetapi yang disetujui hanya satu kelompok tani," ujarnya.

Ia mengatakan, sampai sekarang bantuan dana dari Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi itu belum masuk ke rekening kelompok tani.  

Ia menerangkan, bantuan dana sebesar Rp100 juta itu untuk membeli sedikitnya 10 ekor sapi betina dengan harga minimal Rp9 juta per ekor. Bila dananya masih mencukupi bisa untuk membeli 11 ekor sapi.

Menurutnya, dengan harga itu untuk membeli induk sapi, kalau tidak ada induk sapi, bisa juga dibelikan sapi betina dewasa yang lagi bunting.

Ia menjelaskan, bantuan dari Kementerian PDT ini sangat membantu pemerintah setempat dalam melakukan program pengembangan sapi di daerah itu.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014