Angin kencang disertai hujan lebat yang terjadi di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Senin sore, menyebabkan satu rumah dinas dokter di daerah ini mengalami kerusakan.
 
Angin kencang yang terjadi secara tiba-tiba tersebut juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang di jalan lintas sumatera yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Provinsi Sumatera Barat di daerah tersebut.
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Ruri di Mukomuko, Senin, mengatakan, pihaknya telah menurunkan petugas gabungan untuk meninjau sejumlah lokasi yang terdampak angin kencang di daerah ini.
 
"Angin kencang merusak bagian atas bangunan rumah dinas dokter Erna di Desa Ujung Padang, Kecamatan Kota Mukomuko," ujarnya.
 
Kemudian ada beberapa pohon besar yang tumbang di jalan lintas sumatera dekat pantai abrasi dan jalan masuk RSUD lama di daerah ini.
 
Ia mengatakan, instansinya bersama petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko mengupayakan pohon tumbang tersebut dipotong agar tidak menghalangi jalan di daerah ini.
 
"Awalnya kendaraan tidak bisa lewat jalan tersebut, kini kendaraan sudah bisa melewati jalan," ujarnya.
 
Selanjutnya, petugas gabungan BPBD dan Dinas PUPR akan terus membersihkan material pohon yang masih ada di ruas jalan lintas sumatera dan jalan kabupaten di daerah ini.
 
Sedangkan rumah dinas yang rusak akibat angin kencang sudah ditinjau namun belum ada tindakan karena bangunan tersebut merupakan aset daerah.
 
Kendati demikian, katanya, instansinya akan memberikan bantuan tarpal untuk menutup atap bangunan rumah yang rusak akibat diterjang angin kencang.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023