Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini akan menggelar lomba cerdas cermat tingkat petani di daerah itu.

"Lomba cerdas cermat tingkat petani ini baru pertama kali kita gelar di daerah ini," kata Kepala Badan Penyuluhan Pertanian dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Mukomuko, Sukiman, di Mukomuko, Jumat.  

Ia mengatakan, lomba cerdas cermat ini sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) kabupaten ini yang ke-12.

Selain itu, katanya, lomba cerdas cermat ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman petani termasuk dalam mengaplikasi menerapkan teknologi pertanian di daerah itu.

Sehingga, menurutnya, dengan pemahamanan ini diharapkan dapat menambah pendapatan petani selain tujuan pemerintah menuju swasembada pangan.

Tidak hanya petani, katanya, nelayan juga boleh ikut lomba cerdas cermat ini karena perlombaan ini secara umum untuk petani dan nelayan yang tergabung dalam gabungan kelompok tani (Gapoktan).

Sementara gapoktan yang menjadi peserta lomba ini, katanya, utusan dari setiap kecamatan dari 15 kecamatan di daerah itu.

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015