Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setempat secepatnya akan segera memperbaiki kerusakan jaringan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Selagan.
 
"Dalam waktu dekat diperbaiki. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang sudah turun ke lokasi dan anggarannya juga sudah ada," kata Direktur Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Selagan Kabupaten Mukomuko Sondri di Mukomuko, Selasa.
 
Manajemen PDAM Tirta Selagan Kabupaten Mukomuko sebelumnya duduk bersama dengan Bupati Mukomuko Sapuan, Asisten I Bagian Kesra dan Pemerintahan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang guna mencari solusi mengatasi kerusakan pipa PDAM.
 
Ia mengatakan, dari hasil pertemuan dengan pemangku kepentingan di daerah ini, mudah-mudah dalam waktu dekat ini perbaikan kerusakan pipa PDAM.
 
"Saya berani menyampaikan ini karena kepala dinas sendiri yang menyampaikan daerah ini ada anggaran perbaikan jaringan PDAM sesuai dengan usulan permohonan bantuan perbaikan jaringan PDAM yang rusak," ujarnya.
 
Jaringan PDAM Tirta Selagan Kabupaten Mukomuko mengalami kerusakan di Kecamatan Selagan Raya dan Kecamatan Air Manjuto mengakibatkan sebagian besar pelanggan di kecamatan itu tidak teraliri air sejak beberapa pekan terakhir.
 
Ia menyebutkan, dari sebanyak 700 sambungan rumah (SR) di Kecamatan Selagan Raya, hanya 60 SR yang teraliri air. Kemudian dari sebanyak 400 SR di Kecamatan Air Manjuto tidak teraliri air.
 
"Di Kecamatan Air Manjuto sebetulnya air sudah masuk, tetapi banyak terjadi kebocoran pipa di pasar satuan pemukiman VI, sehingga pipa ditutup dulu," ujarnya.
 
Ia mengatakan, penyaluran air bersih ke pelanggan perusahan ini di Kecamatan Air Manjuto setelah selesai perbaikan kerusakan jaringan PDAM di Kecamatan Selagan Raya.
 
Sebanyak 2.600 pelanggan PDAM Tirta Selagan Kabupaten Mukomuko yang tersebar di Kecamatan Selagan Raya, Kecamatan Teras Terunjam, Kecamatan Air Manjuto, dan Kecamatan Kota Mukomuko.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023