Bengkulu (Antara) - Dinas Kesehatan Kota Bengkulu mulai memetakan daerah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang menjangkiti masyarakat setempat dan jumlah penderita terus meningkat selama dua bulan terakhir.

"Ada tiga kecamatan yang rawan penyebaran virus ini, yakni Kecamatan Singaran Pati, Muara Bangkahulu dan Gading Cempaka," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Herwan Antoni di Bengkulu, Senin.

Menurutnya, ada 49 titik rawan DBD di Kota Bengkulu, baik yang ditemukan kasus DBD selama Januari-Februari 2015, maupun titik rawan hasil pemetaan temuan kasus tahun 2014.

"Kita belum tahu penyebab pasti mengapa angka penderita DBD pada tida daerah itu cukup tinggi, ada beberapa kemungkinan penyebaran," kata dia.

Kemungkinan cuaca yang memasuki musim hujan selama dua bulan terakhir ini, kata dia, juga bisa menjadi salah penyebab meningkatnya angka penderita DBD.

"Tetapi pasti ada virus pertama yang disebarkan melalui nyamuk itu, kemungkinan pertama yakni karena meningkatnya kasus DBD di nasional, ada warga kita yang bepergian ke luar daerah, di sana mereka terjangkit, dan terbawa ke Bengkulu, menyebar di sini," kata dia.

Pewarta: Oleh Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015