Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu saat ini tengah menyosialisasikan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 dalam 15 kecamatan di wilayah itu.

Koordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Rejang Lebong Muhammad Anas Kholiq di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan DPT Pemilu 2024 daerah itu sudah ditetapkan pada 21 Juni 2023 lalu sebanyak 208.394 pemilih.

"Saat ini kami tengah melakukan sosialisasi DPT dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong, sambil memantau pendirian posko-posko DPTb," kata dia. 

Baca juga: KPU Rejang Lebong lakukan verifikasi perbaikan berkas PKN
Baca juga: KPU Rejang Lebong perkirakan jumlah bacaleg yang mendaftar berkurang


Dia menjelaskan sosialisasikan DPT Pemilu 2024 di Kabupaten Rejang Lebong mereka rencanakan akan dilakukan secara masif di tingkat bawah bekerjasama dengan badan kesejahteraan masjid (BKM) yang ada di 156 desa/kelurahan. Dengan begitu, sosialisasi dapat dilakukan dalam kegiatan keagamaan seperti shalat Jumat.

"Ini menurut kami lebih efektif, biasanya disampaikan pengurus BKM masjid sebelum pelaksanaan shalat Jumat jika DPT sudah dikeluarkan dan untuk dicermati. Silahkan kalau ada yang belum masuk, maupun yang pindah memilih laporkan kepada petugas PPS, PPK dan KPU akan kami akomodir," katanya.

Kalangan masyarakat Rejang Lebong, kata dia, bisa mengecek nama-nama mereka di DPT yang telah ditempel oleh petugas PPS masing-masing desa di tempat-tempat strategis yang mudah dilihat masyarakat.

Baca juga: KPU Rejang Lebong temukan 1.063 pemilih belum miliki KTP
Baca juga: Ratusan pemilih Rejang Lebong belum miliki KTP


Selain itu, kata dia, kalangan masyarakat ini juga bisa mengecek DPT secara online melalui Android https://cekdptonline.kpu.go.id. Setelah masuk warga bisa memasukkan NIK atau nomor paspor yang kemudian klik pencarian. Kemudian akan muncul apakah nama yang bersangkutan sudah terdaftar atau belum. 

Sementara itu, berdasarkan data DPT yang telah ditetapkan KPU Rejang Lebong pada 21 Juni 2023 lalu sebanyak 208.394 pemilih diketahui jumlah pemilih terbanyak berada di Kecamatan Selupu Rejang sebanyak 26.912 orang, kemudian di Kecamatan Curup Tengah sebanyak 25.266 orang.

Sedangkan untuk pemilih paling sedikit berada di Kecamatan Sindang Beliti Ilir yakni sebanyak 7.142 orang, kemudian di Kecamatan Binduriang sebanyak 7.212 orang. 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023