Dinas Pertanian Mukomuko, Bengkulu,  menyiapkan sebanyak 30 petugas peternakan dan kesehatan hewan untuk mendukung kelancaran vaksinasi pada hewan penular rabies yang akan digelar serentak di daerah itu.
 
"Sebanyak 30 orang petugas ini, terdiri dari dokter hewan dan pegawai dinas pertanian. Mereka  yang akan memberikan vaksin kepada hewan penular rabies," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Diana Murwahyuni di Mukomuko, Minggu.

Baca juga: Pemkab Mukomuko pastikan blangko KTP mencukupi hingga Desember
 
Ia mengatakan, sebelum petugas ini memberikan suntikan vaksin kepada hewan penular rabies secara serentak di daerah ini, terlebih dahulu diberikan vaksin antirabies untuk mencegah petugas tertular penyakit rabies.

Ia menambahkan, saat ini telah menerima sebanyak 90 vial vaksin antirabies (VAR) dari Pemerintah Provinsi Bengkulu,.
 
Sebanyak 90 vial VAR itu untuk petugas peternakan dan kesehatan hewan, dan vaksin tersebut dititipkan di Dinas Kesehatan Mukomuko.
 
Selanjutnya VAR itu untuk diberikan kepada petugas peternakan dan kesehatan hewan yang melakukan vaksinasi pada hewan penular rabies di daerah ini.

Baca juga: Distan Mukomuko mendata populasi hewan penular rabies
 
Menurutnya, petugas peternakan dan kesehatan hewan membutuhkan VAR karena mereka berisiko tergigit hewan penular rabies pada saat mereka memberikan suntikan vaksin pada hewan penular rabies.
 
Pengelola Program Rabies Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Ruli Herlindo mengatakan petugas dari dinas kesehatan melakukan penanganan terhadap warga yang menjadi korban gigitan hewan penular rabies, sedangkan petugas dari dinas pertanian menangani HPR-nya..
 
"Petugas yang ada di puskesmas saling berkoordinasi dengan petugas peternakan dan kesehatan hewan yang ada di pusat kesehatan hewan," ujarnya.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023