Mukomuko (Antara) - Warga di Desa Lubuk Sanai I, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengeluhkan air yang berasal dari sumur bor di rumahnya terasa asin sehingga tidak bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Air sumur bor yang baru dibuat di rumah saya itu terasa asin padahal lokasinya jauh dari laut," kata warga Desa Lubuk Sanai I Wahyu, di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan, tukang sumur bor di rumahnya itu sudah memasukkan pipa cukup panjang untuk mendapatkan air bersih namun semakin dalam justru air bertambah asin.

Sehingga, katanya, pemasangan pipa sumur bor di rumahnya itu terpaksa dibuat lebih dangkal agar airnya tidak asin lagi.

"Airnya memang tidak asin tetapi kotor. Agar tidak kotor air yang ditarik dari sumur bor itu di tampung terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mandi dan memasak," ujarnya.

Ia mengatakan, tidak hanya sumur bor di rumahnya, termasuk air sumur bor di rumah warga yang berada di sekitar tempat tinggalnya.

Warga Kelurahan Bandar Ratu Harianto mengatakan, sumur bor di rumahnya dibuat cukup dalam untuk mendapatkan air bersih.

"Kalau tidak dalam airnya kotor. Jadi tukang yang membuat sumur bor di rumah saya itu memasukkan pipa cukup panjang agar dapat air bersih," ujarnya.

Harianto menambahkan, mayoritas kualitas air sumur warga di sekitar rumahnya itu kotor. Apalagi yang tidak menggunakan sumur bor. ***4***

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015