Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, tahun 2023 akan menambah tujuh unit mesin tempel untuk kelompok usaha bersama (KUB) nelayan di daerah ini.
 
"Memang ada penambahan sebanyak tujuh mesin tempel yang bersumber dari APBD perubahan tahun ini," kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Warsiman di Mukomuko, Sabtu.
 
Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko tahun 2023 mendapatkan dana alokasi umum sebesar Rp335 juta untuk membeli sebanyak enam unit mesin tempel ukuran 25 PK hingga 40 PK untuk KUB nelayan.  
 
Enam kelompok nelayan yang menerima masing-masing satu unit mesin tempel ini, yakni tiga kelompok nelayan di Kecamatan Ipuh dan dua kelompok nelayan di Kecamatan Kota Mukomuko. 

Namun Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko sampai sekarang belum membeli enam mesin tempel untuk enam KUB nelayan tersebut.
 
Ia mengatakan, karena ada penambahan sebanyak tujuh unit mesin tempel di APBD perubahan sehingga pembelian dilakukan sekaligus dengan jumlah mesin tempel yang akan dibeli tahun ini menjadi sebanyak 13 unit.
 
Sedangkan, katanya, ukuran mesin sebanyak tujuh unit mesin tempel yang diusulkan anggarannya di APBD perubahan tahun ini sebesar 15 PK.
 
Kemudian, katanya, sebanyak tujuh kelompok usaha bersama nelayan yang menerima bantuan sebanyak tujuh unit mesin tempel tersebut tersebar di Kecamatan Ipuh.
 
Ia mengatakan, instansinya menggunakan sistem pengadaan barang melalui e-katalog untuk membeli sebanyak 13 unit mesin tempel ukuran 15, 25, dan 40 PK untuk KUB nelayan setempat.   
 
Ia menyatakan, pihaknya menggunakan sistem pengadaan sebanyak enam unit mesin tempel melalui e-katalog karena mesin tempel berkapasitas 15, 25 hingga 40 PK tersebut tersedia di pabriknya.
 
Selain itu, menurutnya, proses pengadaan barang dan jasa menggunakan sistem e-katalog lebih cepat dibandingkan melalui kontraktor atau pihak ketiga pengadaan barang dan jasa pemerintah.  
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023