Kepolisian Daerah(Polda) Provinsi Bengkulu memperkuat sinergitas dengan Dewan Pers untuk menyelaraskan peran media dalam mendukung kerja-kerja kepolisian serta upaya dalam mewujudkan pemilu damai di penyelenggaraan pesta demokrasi tahun 2024.

"Kerja sama dengan Dewan Pers menjadi penting agar tidak terjadi ketersinggungan satu sama lain," kata Kapolda Bengkulu Irjen. Pol. Armed Wijaya di Bengkulu, Senin.

Baca juga: Polda Bengkulu menginisiasi deklarasi pemilu damai

Ia pun menyadari bahwa di era digital ini peran media sangat penting, terutama menjelang tahun politik menuju Pemilu 2024.

“Saya meminta agar dapat mengimplementasikan perjanjian kerja sama dengan Dewan Pers ini saat bertugas di lapangan sehingga tidak lagi terjadi adanya ketersinggungan satu sama lain,” kata dia.

Sementara, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu menyambut baik sinergitas yang terjalin. Ia memaparkan bahwa aturan mengenai kerja pers telah diatur dalam undang-undang, terutama apabila adanya sengketa yang terjadi.

“Untuk menjamin kepastian hukum dalam penyelesaian kasus pemberitaan yang dilakukan oleh media pers atau wartawan melalui mekanisme sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, yakni hak koreksi, hak jawab, dan pengaduan Dewan Pers,” katanya.

Baca juga: Pemkab Rejang Lebong-SPN Polda Bengkulu kembangkan potensi wisata

Karo Wasidik Bareskrim Polri menambahkan, Polri berkomitmen untuk bersinergi dengan metode komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dengan Dewan Pers dalam penegakan hukum berkaitan hukum pers. Bahkan, Polri mendukung dan menjunjung tinggi kebebasan Pers.

Lebih lanjut, Karo Wasidik menegaskan, Polri juga mengedepankan keadilan restoratif demi melindungi kemerdekaan pers dari campur tangan pihak lain.

Karo Wasidik bahkan menyampaikan bahwa Polri akan melakukan pengajian untuk pengembangan kehidupan pers. Di sisi lain, kata dia akan berupaya menetapkan dan mengawasi pelaksanaan kode etik jurnalistik.

“Kami juga akan mengembangkan komunikasi antara pers, masyarakat, dan pemerintah,” ujarnya.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

 

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023