Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melakukan upaya pencegahan kebakaran rumah dengan cara menyediakan kabel listrik yang sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk warga miskin di daerah ini.
 
"Kami minta dinas, selain mensosialisasikan cara pencegahan kebakaran rumah, juga menganggarkan dana untuk pembelian kabel SNI untuk warga miskin di daerah ini," kata Bupati Mukomuko Sapuan di Mukomuko, Selasa.

Baca juga: Satpol PP Mukomuko tutup panti pijat berpraktik prostitusi
 
Ia mengatakan hal itu usai penyerahan satu unit mobil pemadam kebakaran kepada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko di halaman sekretariat pemerintah daerah setempat.
 
Berdasarkan pemantauannya selama ini, bangunan rumah warga yang terbakar karena arus pendek listrik yang bersumber dari kabel listrik yang tidak standar.
 
Untuk itu, katanya, instansi terkait perlu memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar mereka memahami penyebab kebakaran rumah karena penggunaan kabel yang tidak standar.

Baca juga: Memutus mata rantai penyebaran DBD di Mukomuko
 
Ia juga menegaskan agar melibatkan para pemangku kepentingan atau stakeholder, termasuk camat dan kepala desa, dalam memberikan sosialisasi dan penyadaran kepada masyarakat terkait penyebab banyaknya kebakaran rumah di daerah itu.
 
Selanjutnya  ia meminta Dinas Pemadaman Kebakaran agar tidak menunda kegiatan sosialisasi dan memberikan edukasi tentang bahaya kebakaran kepada masyarakat.
 
Terkait dengan penambahan mobil damkar, ia berharap mobil baru dapat memperkuat armada pemadam kebakaran di daerah itu. Mobil damkar yang lama, kata dia, harus direvitalisasi agar siap beroperasi kapan pun. Ia juga juga meminta kepada Dinas Damkar untuk membuat perencanaan yang matang.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023