Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pemadam Kebakaran membentuk relawan pemadam kebakaran dalam rangka pencegahan dan penyelamatan pada kasus kebakaran di daerah ini.
 
Kepala Dinas Pemadam kebakaran Kabupaten Mukomuko Ramdani di Mukomuko, Senin, mengatakan daerah ini memiliki sebanyak 15 kecamatan, namun sampai sekarang sampai sekarang belum ada relawan pemadam kebakaran baik tingkat kecamatan dan desa.

Baca juga: Mukomuko latih cara tentang budi daya maggot
 
"Dalam waktu dekat ini kami akan mengadakan sosialisasi tentang pembentukan relawan pemadam kebakaran di dua wilayah daerah ini," ujarnya.
 
Pihaknya mengundang sebanyak 80 orang peserta dari berbagai kecamatan di daerah ini sebagai peserta sosialisasi dan menjadi relawan pemadam kebakaran.
 
Ia menyatakan, meskipun sosialisasi pembentukan relawan pemadam kebakaran di dua wilayah daerah ini, tetapi peserta sosialisasi ini merupakan gabungan dari wilayah terdekat.
 
Kemudian, pihaknya akan mendatangkan ahli dari Kota Bengkulu untuk memberikan sosialisasi tentang pembentukan relawan bencana di daerah ini.

Baca juga: Dekranasda Mukomuko tampilkan kerajinan berbahan pelepah pisang
 
Selain memberikan sosialisasi pembentukan relawan, kata dia, ahli sekaligus melatih para kader relawan pemadam kebakaran tentang cara melakukan pencegahan dan penyelamatan barang maupun orang pada saat kejadian khusus kebakaran rumah.
 
"Tenaga ahli dari Bengkulu akan memberikan pemahaman kepada peserta sosialisasi tentang tugas dan fungsi relawan pemadam kebakaran guna pencegahan dan penyelamatan pada kasus kebakaran rumah termasuk hutan dan lahan," ujarnya.
 
Untuk sementara ini, katanya, sosialisasi pembentukan relawan pemadam kebakaran di dua wilayah daerah ini, lalu kegiatan yang sama akan digelar pada tahun depan sesuai dengan anggaran yang tersedia.

"Tahap pertama ini kegiatan sosialisasi di dua wilayah karena keterbatasan anggaran untuk melaksanakan kegiatan ini di wilayah lain. Kami tetap mengusulkan anggaran kegiatan sosialisasi pembentukan relawan pemadam kebakaran di wilayah lainnya," demikian Ramdani.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023