Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melakukan pengambilan sampel darah sapi untuk mendeteksi dini hewan ternak yang terjangkit penyakit Jembrana agar dilakukan penanganan segera.
 
"Kita mengambil sampel darah sebanyak 660 hewan ternak yang tersebar di 12 kecamatan daerah ini," kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Diana Nurwahyuni di Mukomuko, Kamis.

Baca juga: Mukomuko targetkan pemberian vaksin Jembrana tuntas September
 
Ia mengatakan, kegiatan pengambilan sampel darah hewan ternak di daerah ini guna menindaklanjuti program Balai Veteriner Lampung.

Dinas Pertanian setempat melibatkan puluhan petugas peternakan dan kesehatan hewan di tiga pusat kesehatan hewan (Puskeswan) untuk mengambil sampel darah hewan ternak.
 
Ia mengatakan, instansi mengambil sampel darah hewan ternak di daerah ini selain mendeteksi dini penyakit Jembrana, termasuk penyakit mulut dan kuku (PMK) serta penyakit Lumpy Skin Disease (LSD).

Baca juga: Mukomuko dapat tambahan 1.300 dosis vaksin ternak cegah jembrana
 
Namun dari tiga jenis penyakit yang menyerang hewan ternak, katanya, dua penyakit PMK dan LSD masih bisa dilihat secara kasat mata ciri-ciri penyakit ini.
 
Ia menjelaskan, pengambilan sampel darah hewan ternak di daerah ini selain untuk mendeteksi dini penyakit Jembrana, PMK, dan LSD, termasuk melihat tingkat efektivitas pemberian vaksin.
 
"Kita sebagai pelaksana selanjutnya sampel darah hewan ternak dikirim ke Balai Veteriner Lampung, setelah itu pihak balai mengirimkan hasil uji laboratorium ke daerah ini," ujarnya pula.

Baca juga: Puskeswan Curup tangani penyebaran virus jembrana
 
Selanjutnya, katanya, instansinya menyampaikan hasil pemeriksaan sampel darah kepada pemilik hewan ternak. Terhadap hewan ternak yang sakit langsung bisa kita tangani," ujarnya.
 
Ia menyebutkan, pada bulan Agustus 2023 saja tercatat sebanyak 38 ekor sapi yang dinyatakan positif Jembrana, dan lima ekor di antaranya mati.
 
Dari sebanyak 38 ekor sapi terjangkit penyakit Jembrana tersebut paling banyak ditemukan di Kecamatan Ipuh sebanyak 30 ekor dan delapan ekor di Kecamatan Kota Mukomuko.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023