Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko mendapat tambahan 1.300 dosis vaksin dari Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk mencegah virus jembrana pada sapi.

"Kami dapat tambahan lagi 1.300 dosis vaksin untuk mencegah jembrana dari pemerintah provinsi. Vaksin ini langsung kami gunakan," kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Fitriani Ilyas, dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat.

Dinas Pertanian Mukomuko, sebelumnya menerima bantuan 2.500 dosis vaksin, kemudian mendapat tambahan 1.000 dosis vaksin dan kini dapat tambahan lagi 1.300 vaksin.

Kegiatan vaksinasi untuk mencegah penyakit jembrana itu disuntikkan pada 3.500 ekor sapi milik warga yang tersebar di daerah itu dan telah selesai 100 persen.

Untuk sementara, katanya, 1.300 dosis vaksin untuk mencegah penyakit jembrana tersebut disimpan di gudang penyimpanan vaksin dinas pertanian setempat.

"Vaksin tersebut kami simpan di dinas. Vaksin ini didistribusikan sesuai dengan kebutuhan petugas peternakan dan kesehatan hewan di pusat kesehatan hewan di daerah ini," ujarnya.

Untuk pelaksanaan vaksinasi terhadap 1.300 ekor sapi milik warga yang tersebar di 15 Kecamatan di daerah itu akan dilaksanakan dalam bulan ini juga.

Ia menyebutkan 28 petugas peternakan dan kesehatan hewan yang tersebar di tiga puskeswan yang  akan memberikan suntikan vaksin pada sapi milik warga di wilayah kerjanya.

Sementara itu, ia menyebutkan ada 135 ekor sapi milik warga setempat yang terinfeksi jembrana, berdasarkan hasil identifikasi petugas peternakan dan kesehatan hewan.

Dari 135 ekor sapi yang terinfeksi jembrana tersebut, ia memastikan tidak semua sapi tersebut yang mati. Petugas belum mendata berapa banyak sapi yang terinfeksi jembrana yang mati.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022