Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2023 meningkatkan kualitas konstruksi tiga jembatan yang terbuat dari kayu menjadi jembatan beton. 
 
Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Mukomuko Yusup di Mukomuko, Minggu, mengatakan, pemerintah daerah tahun ini membangun lima jembatan yang terbuat dari kayu di daerah ini. 
 
"Dari lima jembatan yang dibangun tahun ini, tiga jembatan di antaranya dibangun menjadi jembatan beton," ujarnya. 
 
Ia menyebutkan, tiga jembatan terbuat dari yang yang dibangun menjadi jembatan beton, yakni Jembatan Air Sekubang di wilayah Desa Talang Baru Kecamatan Malin Deman, Jembatan Sungai Aur Kecamatan Selagan Raya, dan jembatan Sungai Buai Kecamatan Selagan Raya.
 
Sedangkan konstruksi lantai di dua jembatan yang terbuat dari kayu, katanya, diganti menjadi plat besi supaya tahan lama dan mampu menahan berat muatan kendaraan yang melintasi jembatan tersebut.
 
Dua jembatan yang diganti menjadi plat besi, katanya, berada di wilayah Desa Lubuk Sanai, Kecamatan XIV Koto dan jembatan di wilayah Desa Sinar Jaya, Kecamatan Air Manjunto.
 
Terkait dengan kapasitas muatan kendaraan melintas di jembatan di daerah ini, katanya, sesuai dengan bobot jalan daerah ini, yakni maksimal delapan ton. 
 
Untuk pelaksanaan pekerjaan fisik pembangunan lima jembatan tersebut, katanya, yang baru titik nol Jembatan Sikubang di wilayah Desa Talang Baru, Kecamatan Malin Deman.
 
Sedangkan pekerjaan pembangunan jembatan yang sudah berjalan pembangunannya, yakni jembatan di Desa Lubuk Sanai, Kecamatan XIV Koto dan jembatan lainnya. 
 
Ia mengatakan, dari lima jembatan itu, masih satu paket kegiatan pembangunan jembatan yang masih dalam proses lelang, kini menunggu tahap masa sanggah setelah ditetapkan penyedia barang dan jasa pemerintah. 
 
Ia optimistis, pembangunan lima jembatan yang terbuat dari kayu menjadi jembatan beton termasuk pergantian lantai jembatan kayu menjadi plat besi dapat diselesaikan tahun ini. 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023