Pemerintah Kota Bengkulu mengusulkan dana sebesar Rp1,2 miliar untuk hadiah perjalanan religi untuk pelatih, pembina dan pasukan pengibaran bendera pusaka (Paskibraka) pada perayaan HUT ke-78 RI di Kota Merah Putih Bengkulu.

Hadiah tersebut berupa ibadah umrah untuk yang beragama Islam dan yang bukan beragama Islam akan diberangkatkan wisata ke Yerusalem.

Baca juga: Pemkot Bengkulu beri hadiah umrah 30 anggota Paskibraka
 
"Di akhir masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota akan memberikan kebahagiaan bagi masyarakat, salah satunya memberikan hadiah perjalanan spiritual bagi Paskibraka HUT ke-78 RI," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Bengkulu Gita Gama Raniputera di Kota Bengkulu, Selasa.
 
Ia menyebutkan, dana Rp1,2 miliar tersebut ditetapkan berdasarkan data dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bengkulu dan anggaran tersebut akan diusulkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2023.
 
Penerima hadiah perjalanan religi tersebut terdiri dari 30 anggota, 20 pelatih dan pembina yang akan diberangkatkan dengan total 50 orang.

Baca juga: Wali Kota Bengkulu berikan pelatih Paskibraka bonus wisata religi
 
Sementara itu, Wali Kota Bengku Helmi Hasan menerangkan, apresiasi tersebut diberikan karena berkat kegigihan dan keuletan dalam menjalankan tugasnya serta pada 17 Agustus merupakan momen sakral bagi bangsa Indonesia, yang tentunya diadakan upacara diseluruh NKRI tercinta termasuk Kota Bengkulu.
 
"Sebagai bentuk penghargaan Pemerintah Kota Bengkulu. Kita memberangkatkan seluruhnya itu wisata religi, yang Islam namanya umrah, yang non Muslim tentu sesuai dengan keyakinan, mungkin ada ke Yerusalem, yang Hindu Budha mungkin ke mana silahkan, nanti dirembukkan saja," ujarnya.
 
Wisata religi tersebut diberikan untuk membangun jiwa ataupun karakter religius pada generasi muda.

Baca juga: KPK sebut pemberian hadiah untuk paskibra di Bengkulu harus transparan
 
"Motivasinya adalah bagaimana kita membangun anak-anak muda bukan hanya karakter nasionalisme yang kuat, tetapi juga keagamaannya yang kuat. Jadi hubungan bangsa dan negaranya kuat, tapi hubungannya kepada sang pencipta juga kuat, sehingga betul-betul menjadi generasi muda Kota Bengkulu jadi generasi muda terbaik," kata Helmi.
 
Sebelumnya, Pemerintah Kota Bengkulu memberikan hadiah berupa umrah untuk 30 anggota pasukan pengibaran bendera pusaka (Paskibraka) pada perayaan HUT ke-78 RI di Kota Merah Putih Bengkulu.*


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023